Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Berusaha Hadirkan Varian Hybrid untuk Semua Mobil Mereka di Indonesia

Mobil Listrik

Toyota Berusaha Hadirkan Varian Hybrid untuk Semua Mobil Mereka di Indonesia

JAKARTA – Toyota menegaskan keinginan untuk memiliki varian hybrid untuk semua model mobil mereka di pasar Indonesia.

President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menerangkan bahwa Toyota secara bertahap menghadirkan varian hybrid untuk model-model mereka di negeri ini.

Jenama ini, kata dia, memulainya dari segmen-segmen premium terlebih dahulu, hingga akhirnya dilanjutkan di segmen-segmen yang lebih massal dan memungkinkan untuk diproduksi secara lokal oleh TMMIN yaitu Toyota Kijang Innova Zenix hybrid serta Toyota Yaris Cross hybrid.

“Sebenarnya kami terus berusaha untuk membuat semua model ada pilihan hybrid-nya,” kata dia dalam Buka Puasa Bersama Toyota pada Selasa (19/3/2024) di Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Diberitakan sebelumnya, segmen mobil hybrid menjadi pendorong pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Pada Januari-Februari 2024, pasar kendaraan elektrifikasi atau xEV secara retail sudah mencapai sekitar 9 persen dari total pasar yang mencapai 148.649 unit. Mobil hybrid mendominasi (kisaran 7 persen), baru kemudian mobil listrik murni (kisaran 2 persen).

Padahal, sepanjang Januari-Desember 2024, pasar kendaraan elektrifikasi hanya sekitar 6,5 persen dari total pasar yang menyentuh 998.059 unit.

Lebih lanjut, Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto menjelaskan penerimaan pasar Indonesia yang sangat baik terhadap mobil hybrid disebabkan oleh dua hal utama.

“Pertama, resale value (harga jual kembali) dari mobil hybrid sangat baik. Bahkan, beberapa model lebih tinggi dari model bermesin bensinnya. Kedua, kontribusinya kepada emisi. Mobil hybrid bisa menghasilkan emisi 40-50 persen lebih rendah,” ucap dia.

Toyota Yaris Cross hybrid

Toyota, lanjut Henry, akan terus melanjutkan ekspansi model-model elektrifikasi di Indonesia. Teknologinya sendiri beranekaragam.

“Dalam dua tahun ke depan pasti kami akan mengintroduksi model-model baru dari BEV (battery electric vehicle/mobil listrik murni), PHEV (plug-in hybrid electric vehicle), dan hybrid,” bebernya.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menambahkan bahwa mobil hybrid murah Toyota, dengan harga lebih terjangkau dari Kijang Innova Zenix hybrid maupun Yaris Cross hybrid, masih terus dalam diskusi dan studi mereka bersama prinsipal.

Sebagai gambaran, harga Kijang Innova Zenix hybrid per Maret 2024 di situs resmi Toyota ialah Rp471,6-627,6 juta on the road (OTR) Jakarta. Adapun harga Yaris Cross hybrid Rp440,6-454,95 juta OTR Jakarta.

Banyak hal yang menurut Anton perlu dimatangkan dalam preparasi menghadirkan mobil hybrid murah Toyota.

“Mulai dari persiapannya, pengembangannya, dan lain-lain. Masih banyak faktor. Jadi, ya, tunggu saja,” tutupnya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang