Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Naik Signifikan! Toyota Mau Ekspor 20 Ribu Mobil Hybrid Rakitan Indonesia pada 2024

Mobil Listrik

Naik Signifikan! Toyota Mau Ekspor 20 Ribu Mobil Hybrid Rakitan Indonesia pada 2024

JAKARTA – Toyota menargetkan peningkatan yang signifikan untuk ekspor model-model mobil hybrid rakitan Indonesia pada 2024.

Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menjelaskan tahun ini pihaknya ingin melakukan ekspor utuh (completely built up/CBU) mobil hybrid dalam jumlah yang dua kali lebih banyak ketimbang pada 2023.

Volumenya sendiri pada tahun lalu mencapai kisaran 10 ribu unit. Daftar modelnya terdiri dari Toyota Kijang Innova Zenix hybrid plus Toyota Yaris Cross hybrid.

“Jadi sekitar 20 ribu unit (ekspor mobil hybrid Toyota produksi Indonesia pada 2024),” kata Bob ketika diwawancarai dalam Buka Puasa Bersama Toyota, Selasa (19/3/2024) malam di Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybridAdapun target ekspor CBU mobil Toyota bikinan Indonesia secara keseluruhan pada 2024, menurut Bob, sama dengan tahun lalu yaitu sekitar 290,7 ribu unit.

Stagnasi itu disebabkan oleh kondisi ekonomi dunia yang sedang kurang baik, sehingga mempengaruhi permintaan dari luar negeri.

“Kami bisa jaga di level yang sama dengan tahun lalu saja sudah bagus karena ekonomi (global), kan, melemah. Seperti sempat saya sampai tadi, itu terjadi di China dan lain-lainnya juga,” tukas Bob.

“Ditambah lagi, ekonomi domestik juga melemah. Jadi, memang tahun ini tahun sulit. Kalau di tahun sulit ini bisa menjaga di level yang sama saja, ini sudah prestasi,” lanjut dia.

Toyota Yaris Cross hybridPresident Director TMMIN Nandi Julyanto menerangkan bahwa sejauh ini Toyota sudah mengekspor mobil secara CBU dari Indonesia ke lebih dari 80 negara.

Kalau ditambahkan dengan ekspor komponen, service parts, mesin, dan alat-alat produksi, negara tujuannya malah membengkak menjadi 100 negara.

“Total ekspor Toyota dari 1987 sampai saat ini sudah 2,6 juta unit. Kami akan terus mencari destinasi-destinasi dan tujuan-tujuan baru,” tegas Nandi.

Mobil hybrid Toyota buatan Indonesia, sambung dia, telah mampu membuat TMMIN berhasil mengekspansi pasar ekspor di Timur Tengah, Amerika, Asia, sampai Oseania. Komposisi ekspor CBU mobil hybrid Toyota rakitan dalam negeri, selama periode Januari-Februari 2024, sudah mencapai 10 persen dari total pengapalan mobil secara CBU Toyota dari Indonesia.

“Dari Januari sampai Februari kemarin, total jumlah ekspor kami lumayan yaitu sekitar 42 ribu unit. Ini sekitar 60 persen dari total ekspor mobil dari Indonesia,” tutup dia. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang