Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

2025, MG Ekspor Mobil Buatan Indonesia!

Berita Otomotif

2025, MG Ekspor Mobil Buatan Indonesia!

TANGERANG – Pabrik Morris Garage (MG) di Indonesia tidak hanya akan memenuhi kebutuhan di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Seperti diberitakan sebelumnya, MG sekarang sedang bersiap untuk memiliki pabrik sendiri di Indonesia, dengan memperluas fasilitas manufakturing milik SAIC Motor di Cikarang, Bekasi. Aktivitas produksinya dilakukan mulai kuartal satu 2024.

Kapasitas produksinya terpasangnya kelak mencapai 100 ribu unit. Sebanyak 60 persennya adalah untuk mobil listrik, sedangkan 40 persennya untuk mobil bermesin konvensional.

Lebih lanjut, Marketing and Public Relations Director PT SAIC Motor Indonesia (MG Indonesia) Arief Syarifudin menjelaskan pasar ekspor juga diintip oleh pabrik tersebut.

MG ZS EV

“Produksi yang nantinya kami lakukan itu tidak hanya berfokus pada industri dalam negeri. Artinya, sesuai arahan, perintah langsung dari Bapak Presiden Jokowi, ekspansi (pasar) harus dilakukan,” kata Arief merespons pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10-20 Agustus di Serpong, Tangerang.

Ekspor mobil MG rakitan Indonesia, lanjut dia, akan dimulai pada 2025. Pada 2024, tahun pertama aktivitas produksi lokal, jenama kelahiran Inggris yang sudah diakuisisi penuh oleh SAIC Motor China ini berniat fokus dulu memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

MG, secara global, sudah beroperasi di 84 negara. Tapi, fokus awal ekspor MG dari Indonesia adalah di sekitar Asia Pasifik, khususnya Asia Tenggara (ASEAN).

“Kami melihat beberapa potensi seperti Vietnam, Filipina, Brunei, bahkan Malaysia dan salah satunya adalah Australia yang memang besar. Ada sebanyak 60 ribu adopsi kendaraan listrik di sana,” pungkas Arief.

“Itu sesuatu hal yang juga sudah kita bicarakan dengan pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah, dan dorongannya sangat positif untuk Indonesia,” tambah dia.

MG 4 EV

Dua model pertama MG yang dirakit di Indonesia, beber Arief, adalah mobil listrik. Sayangnya, ia masih merahasiakan identitas dua model tersebut.

Belum jelas, apakah dua model ini pula lah yang pertama MG ekspor ke luar negeri pada 2025.

MG sendiri saat ini sudah menjual empat model di Tanah Air. Ada MG ZS, MG HS, MG 5 GT, plus MG4 EV.

Di GIIAS 2023, mereka memperkenalkan MG ZS EV yang ingin diluncurkan dan dijual pada masa mendatang. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang