20 Benda yang Harus Berada di dalam Kotak P3K Mobil

Panduan Pembeli

20 Benda yang Harus Berada di dalam Kotak P3K Mobil

JAKARTA – Kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) mungkin bukanlah kelengkapan mobil yang diingat oleh kebanyakan pemilik mobil. Namun, kotak P3K bisa menjadi penyelamat nyawa Anda dan orang lain saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Untuk itu, pemerintah melalui Pasal 57 huruf g UU nomor 22 tahun 2009 tentang Kendaraan menyebutkan bahwa haruslah membawa perlengkapan pertolongan pertama. Jika tidak, maka sesuai dengan pasal 278 UU no 22 tahun 2009 tentang Kendaraan, maka pengendara akan dikenakan tilang sebesar Rp 250ribu.

Hal tersebut kemudian ditegaskan pada Pasal 43 huruf g Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2012 yang mewajibkan mobil dilengkapi dengan kotak pertolongan pertama. Selanjutnya pada pasal 55 disebutkan bahwa kotak pertolongan pertama setidaknya mencakup 4 hal yaitu obat antiseptik, kain kassa, kapas dan plester.

Namun, meski keempat benda tersebut hadir, tentu tidak ada salahnya untuk menambah beberapa perlengkapan agar lebih lengkap lagi. Dan berikut adalah poin-poin yang bisa melengkapi kotak P3K anda.

  1. 2 gulung kain kassa berukuran 5 x 9 inchi. Fungsinya adalah untuk menutup luka luar yang mengeluarkan darah cukup banyak.
  2. 25 plester dengan berbagai ukuran. Fungsinya adalah untuk menutup luka ringan seperti lecet dan luka tergores
  3. 1 roll adhesive cloth tape. Ini adalah sejenis perekat dari kain khusus untuk merekat perban.
  4. 5 paket salep antibiotik. Tidak umum terdengar memang, namun salep antibiotik bisa menjadi penolong untuk menghentikan penyebaran kuman dan bakteri pada infeksi kulit.
  5. 5 antiseptic wipe packets, sejenis tisu dengan antiseptik, digunakaan untuk membersihkan tangan ketika akan dan setelah menangani luka. Diharapkan bakteri akan mati atau hilang dari tangan.
  6. Aspirin. Obat ini berfungsi sebagai penghilang rasa sakit khususnya untuk penyakit ringan seperti pusing.
  7. Selimut. Fungsinya adalah untuk membuat korban merasa lebih nyaman.
  8. 1 breathing barrier. Fungsinya adalah untuk membantu penolong melakukan CPR. Dengan ini maka penolong tidak perlu ‘mencium’ korban secara langsung.
  9. 1 buah kompres dingin instan. Biasanya digunakan untuk mereka yang mengalami peningkatan suhu tubuh.
  10. 2 pasang sarung tangan non-latex. Digunakan saat menangani korban. Fungsinya agar penolong tidak bersentuhan secara langsung dengan korban dan menghindari penularan penyakit yang tidak diketahui.
  11. Hidrokotison salep. Hidrokortison adalah obat antiinflamasi yang ditujukan untuk gangguan-gangguan kulit yang bersifat proliferatif, seperti psoriasis (gangguan kulit yang manifestasinya berupa timbulnya bintil-bintil kecil yang terasa gatal dan jika digaruk dapat berair atau bersisik), dan penyakit-penyakit inflamasi seperti beberapa jenis dermatitis (infeksi kulit).
  12. Gunting. Pastikan gunting yang anda miliki tajam dan bisa gunakan untuk memotong kain kassa.
  13. Perban gulung ukuran 3 dan 4 inchi. Fungsinya untuk membebat dan menekan luka.
  14. 5 buah kain kassa berbentuk bantalan ukuran 3x3 inchi dan 4x4 inchi. Fungsinya untuk menekan luka. Biasanya digunakan untuk luka berukuran kecil namun dalam.
  15. Termometer digital. Jangan gunakan thermometer air raksa, karena selain beresiko pecah, air raksa akan sulit terlihat di kondisi gelap.
  16. 2 lembar perban segitiga atau mitela. Biasanya digunakan saat korban mengalami dislokasi atau patah tulang. Kain mitela digunakan untuk menjaga tulang lebih stabil dan tidak semakin parah saat perjalanan ke rumah sakit.
  17. Pinset. Fungsinya untuk mengambil pecahan atau benda asing yang menempel di luka.
  18. Senter. Membantu untuk mencari perlengkapan di kegelapan.
  19. Nomor darurat. Dengan meletakkan nomor darurat seperti ambulance, rumah sakit dan polisi di tas P3K, maka anda akan lebih mudah untuk menelepon saat panik sekalipun.
  20. Buku panduan pertolongan pertama. Meski lengkap, percuma jika anda tidak bisa menggunakan perlengkapan yang anda bawa, pastikan anda menguasai metode pertolongan pertama sebelum melakukan pertolongan.

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual