2 Pemuda Ini Sulap Kardus dan Mesin Skuter Jadi Lamborghini KW 10

Berita Otomotif

2 Pemuda Ini Sulap Kardus dan Mesin Skuter Jadi Lamborghini KW 10

HANOI – Di tangan orang-orang kreatif, barang-barang bekas di tempat pembuangan sampah bisa jadi sesuatu yang cukup mencengangkan. Contohnya adalah dua pemuda Vietnam yang membuat replika Lamborghini dari kardus plus mesin skuter lawas dengan modal tak sampai Rp 10 juta.

Kedua pria tersebut pada akhir pekan lalu sedang dalam proses menciptakan sebuah ‘Lamborghini’. Adapun model yang ingin mereka tiru adalah Aventador SVJ, supercar berdaya hampir 760 hp, berkecepatan puncak 350 km per jam, dengan akselerasi 0 – 100 km per jam hanya 2,8 detik.

Proyek Lamborghini dari kardus yang bisa dikendarai itu digarap sejak Maret 2020 atau sudah sekitar empat bulan. Keduanya mempertontonkan proses pengerjaan melalui akun YouTube mereka, NHET TV dan video mengenainya dari awal hingga kini sudah cukup banyak.

Sebelumnya, kedua pemuda ini sudah sering membuat berbagai tiruan supercar maupun superbike dari karton. Misalnya saja adalah Bugatti Chiron, BMW S1000RR, Ducati Panigale V4s, Kawasaki ZX10R, Honda CBR1000RR serta Ferrari LaFerrari.

Proyek Aventador SVJ abal-abal itu sendiri tidak semudah anggapan awal. Kedua YouTuber tersebut harus membuat rangkanya terlebih dahulu dan material yang dipakai adalah baja.

Tentu saja, untuk mengerjakannya, tetap dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan teknis dalam level tertentu.

Setelah sasis rampung, giliran bodi yang dibuat. Adapun material yang digunakan dalam proses ini seluruhnya adalah kardus. Bodi dari kardus yang tentu saja amat ringkih mereka lapisi lagi dengan fiberglass agar lebih kuat tanpa menambah bobot terlampau banyak.

Sementara, untuk mesinnya, mereka mencomot dari sebuah skuter tua berkapasitas 150 cc. Tidak dijelaskan, dari motor model apa mesin itu tepatnya berasal.

Hingga detik ini, proyek Lamborghini tiruan dari kardus plus mesin skuter belum 100 persen rampung. Meski begitu, mobil berwarna bodi hijau terang tersebut sudah dapat berjalan.

Anggaran yang keduanya siapkan bisa dibilang sangat rendah untuk proyek kreatif ini yaitu sekitar 500 dollar AS (Rp 7,42 juta). Memang, Aventador SVJ hasil kreasi kedua pemuda Vietnam di YouTube bagaikan bumi dan langit jika dibandingkan dengan mobil aslinya, tapi bagaimana pun kerja dan keuletan mereka patut diacungi jempol dan diapresiasi, setidaknya dengan menonton video hingga kelar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar