Lamborghini Sian Roadster Ludes Terjual Meski Harganya Rp 53 Miliar

Mobil Baru

Lamborghini Sian Roadster Ludes Terjual Meski Harganya Rp 53 Miliar

BOLOGNA – Lamborghini Sian Roadster diluncurkan dalam jumlah terbatas, dengan harga luar biasa mahal. Akan tetapi, supercar ini sudah ludes dipesan ketika meluncur.

Orang-orang kaya memang tak peduli harga. Jika ada sesuatu yang amat disukai, mereka bisa beli dengan gampangnya tanpa peduli situasi pandemi virus Corona (Covid-19).

Kasus inilah yang terjadi pada Sian Roadster, supercar Lamborghini terbaru yang mengaspal beberapa waktu lalu. Harganya, seperti dilaporkan Motor1, bisa mencapai 3,7 juta dollar AS (sekitar 53, 52 miliar, 1 dollar AS = Rp 14.466).

Pabrikan otomotif asal Sant’Agata, Bologna itu hanya membuat 19 unit. Namun, semua sudah habis dipesan ketika versi atap terbuka dari Sian ini mengaspal.

Seperti versi coupe-nya, Sian Roadster adalah supercar hybrid. Sistem penggeraknya mengombinasikan mesin naturally aspirated 6.5-liter V12 dengan motor penggerak listrik 48 volt.

Gelontoran tenaga mencapai 807 hp. Akselerasi 0 – 100 km per jam digapai hanya dalam 2,9 detik dengan kecepatan puncak 350 km per jam.

Beberapa elemen terinspirasi dari Countach. Sian Roadster merupakan mobil hybrid pertama sekaligus kendaraan legal jalan raya paling garang yang pernah Lamborghini ciptakan sejauh ini.

Berbagai inovasi dibenamkan di dalamnya. Misalnya saja motor penggerak listrik tambahan berdaya 33 hp yang disambungkan dengan transmisi, sehingga si garang ini bisa berjalan dengan mode listrik murni di beberapa jenis manuver berkecepatan rendah seperti parkir serta mundur.

Akan tetapi, inovasi paling ciamik adalah superkapasitor bertenaga tiga kali lebih besar dari baterai lithium-ion berukuran sama. Komponen tersebut juga tiga kali lebih ringan dari baterai dengan daya sama.

Sistem penggerak listrik dengan superkapasitor plus motor penggerak hanya berbobot 34 kg. Karena itulah, rasio berat dan tenaga Sian Roadster amat impresif yakni 2 kg per hp.

“Hybrid inovatif Sian menunjukkan arah dari mobil-mobil Lamborghini dan Sian Roadster dengan atap terbuka ini mengafirmasi hasrat untuk gaya hidup termewah dari Lamborghini sembari berjalan menuju masa depan yang penuh dengan tuntutan,” ucap Stefano Domenicali, Chief Executive Officer dari korporasi itu. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar