10 Pertimbangan Sebelum Memilih Mobil yang Akan Dibeli

Panduan Pembeli

10 Pertimbangan Sebelum Memilih Mobil yang Akan Dibeli

JAKARTA - Membeli mobil bukan perkara mudah karena harganya yang paling tidak mencapai Rp 100 juta - 200 juta dengan cicilan minimal Rp 2 juta-an per bulan. Karena itu, pertimbangan harus benar-benar matang.

Mempunyai mobil masih kerap dianggap sebagai suatu kebutuhan di Indonesia. Selain itu, memiliki mobil juga bagian dari gaya hidup maupun status sosial masyarakat.

Berikut ini adalah berbagai pertimbangan sebelum menentukan dan membeli mobil, seperti disarikan dari keterangan resmi Chevrolet Indonesia yang diterima Mobil123.com baru-baru ini.

  1. Pilih Jenis Kendaraan yang Tepat untuk Anda
    Keinginan kadang bertentangan dengan kebutuhan. Pikirkan jenis mobil yang cocok dengan kebutuhan dan kondisi. Belum tentu semua orang membutuhkan mobil tujuh penumpang dan belum tentu mobil berkapasitas besar sesuai kebutuhan Anda.
  2. Lakukan Perbandingan Harga
    Melakukan komparasi harga penting untuk mendapatkan pilihan sesuai. Pertimbangkan pula adanya promosi-promosi khusus pada momen-momen atau event besar tertentu seperti pameran otomotif.
  3. Diskusikan dengan Orang-Orang Terdekat
    Ajak bicara orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat mengenai kendaraan yang Anda pertimbangkan. Mereka mungkin mengenal seseorang yang memiliki pengalaman dan dapat memberikan masukan.
  4. Test Drive
    Test drive atau uji kendara penting untuk mengetahui spesifikasi, rasa berkendara, maupun karakter kendaraan yang diminati. Melalui test drive, dapat pula dibuat perbandingan head-to-head antar kendaraan. Sebelumnya, buat daftar checklist tentang apa yang ingin dinilai seperti akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior, kenyamanan dalam kabin, jarak, pandang hingga teknologi maupun fitur-fiturnya.
  5. Pilih Rute Test Drive
    Jangan hanya mengikuti rute yang diarahkan dealer tapi bawalah mobil di rute yang sering Anda hadapi. Misalnya, jika Anda akan parkir di tempat sempit, jajal mobil di situasi seperti itu. Jika Anda bakal membawanya sehari-hari menerabas kemacetan jalan raya, arahkan mobil ke sana.
  6. Keamanan
    Jangan mengacuhkan faktor keamanan dari sebuah mobil. Cari tahu apakah sistem keamanan dan keselamatannya mencukupi.
  7. Kenyamanan
    Amati kenyamanan Anda saat sedang berada di dalam mobil. Misalnya, dapatkah Anda keluar-masuk kendaraan dengan mudah? Seberapa nyaman kursi? Dapatkah Anda mengatur posisi dengan gampang? Penyesuaian setir kemudi sudah tilt and telescopic atau hanya salah satunya? Seberapa luas pandangan dari dalam ke depan, samping, juga ke belakang melalui kaca spion?
  8. Pahami Kebutuhan Perawatan
    Tanyakan kebutuhan perawatan mobil tersebut seperti interval servisnya. Dalami pula biaya perawatan kendaraan ketika servis berkala.
  9. Periksa Fitur-Fitur Teknologi
    Cek fitur-fitur teknologi yang ada pada mobil dengan harga yang Anda dapat di mobil-mobil incaran. Periksa cara kerjanya, apakah mudah dan dimengerti oleh Anda.
  10. Jangan Impulsif
    Jangan membeli mobil baru di hari yang sama dengan test drive. ‘Wangi’ mobil baru dapat menggoda Anda membuat keputusan impulsif. Ada baiknya tunggu sehari-dua hari sebelum memutuskan. [Xan/Ari]


Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support