10 Model Paling Diincar Peserta Lelang Mobil Bekas

Berita Otomotif

10 Model Paling Diincar Peserta Lelang Mobil Bekas

JAKARTA – Mobil bekas yang paling diincar di sebuah lelang kebanyakan adalah multi purpose vehicle (MPV), kemudian barulah sport utility vehicle (SUV).

Mendatangi lelang adalah salah satu opsi mencari kendaraan seken, baik itu mobil bekas maupun sepeda motor bekas. Cara ini memiliki keunggulan tersendiri, di antaranya adalah peluang mendapatkan kendaraan dengan harga lebih murah daripada di dealer-dealer.

Tapi, ada juga kelemahannya seperti harus membayar secara tunai. Pembahasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan mencari mobil bekas di lelang dapat dibaca pada tautan ini.

Bady Qadarsyah, Head of Operation Balai Lelang Auksi, membongkar 10 model mobil bekas yang paling banyak terjual di tempatnya. Hampir seluruhnya merupakan nama-nama yang akrab dan favorit.

“Ini adalah data setahun terakhir,” kata dia dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif pada pertengahan Agustus 2020.

Akan tetapi, yang Bady jelaskan hanya modelnya. Ia tidak menjabarkan generasi, tipe, maupun tahun produksi secara rinci. Berikut ini adalah 10 model tersebut:

1. Toyota Avanza

Nomor satu adalah pionir segmen low multi purpose vehicle (LMPV) sekaligus mobil terlaris di Nusantara saat ini yaitu Avanza. Sebanyak 30 persen partisipan di Balai Lelang Auksi membeli model tersebut.

2. Toyota Kijang Innova

Kijang Innova sudah diketahui sebagai salah satu yang paling dicari di pasar mobil bekas. Bahkan, untuk beberapa tipe tertentu, stoknya terbilang langka. Sebanyak 19 persen peserta lelang Auksi, menurut Bady, sudah membelinya dalam 12 bulan terakhir.

3. Daihatsu Gran Max

Model yang mungkin agak mengejutkan menempati peringkat ketiga, yaitu Gran Max. Pasalnya, di pasar mobil baru model ini tidaklah ‘seksi’. Kontribusinya mencapai 19 persen.

4. Daihatsu Xenia

Tempat keempat ditempati ‘saudara kembar’ Avanza yaitu Xenia. Akan tetapi, kontribusinya berselisih cukup jauh dari tiga model teratas. Soalnya, hanya 5 persen peserta di Balai Lelang Auksi yang memboyongnya pulang.

5. Suzuki APV

APV, MPV semi bonnet milik Suzuki, menguntit dengan ketat di belakang Xenia. Kontribusinya juga tak jauh berbeda dengan jagoan Daihatsu tersebut, yaitu sekitar 5 persen.

6. Toyota Rush

SUV baru masuk daftar terlaris di posisi keenam. Adapun modelnya ialah Rush yang menyumbang hanya 3 persen. Rush sendiri kini sudah memasuki generasi kedua yang dijual di Indonesia sejak awal 2018.

7. Suzuki Ertiga

Pesaing Avanza dan Xenia, Ertiga, masuk di peringkat ketujuh. Namun, salah satu tulang punggung penjualan Suzuki di Nusantara ini hanya menyumbang 2 persen.

8. Nissan Grand Livina

Grand Livina ternyata juga masuk dalam 10 besar dengan kontribusi 2 persen. Jika melihat namanya, bisa diduga bahwa yang Bady maksud adalah model generasi pertama, bukan generasi kedua yang baru meluncur pada 2019 dan hanya berlabel ‘Livina’.
 

9. Honda Mobilio

Meski berada di segmen LMPV bersama Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio ternyata adalah yang paling sedikit laku di antara tiga kompetitornya itu di Balai Lelang Auksi. Model ini hanya menyumbang dua persen dan menempati ranking kesembilan.

10. Daihatsu Terios

Model yang menjadi penutup di 10 besar adalah Daihatsu Terios.  Kembaran Rush ini menyumbang 2 persen penjualan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar