Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Indonesia Cari Celah Produksi Sienta Hybrid

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Cari Celah Produksi Sienta Hybrid

JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai produksi Sienta. Indonesia menjadi negara kedua yang memproduksi Sienta setelah Jepang. Tidak hanya untuk pasar domestik, Toyota Sienta produksi Indonesia juga akan diekspor ke beberapa negara mulai tahun ini.

Dilengkapi fasilitas pendukung, TMMIN ternyata melirik untuk produksi Sienta hybrid. Dijelaskan Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bahwa TMMIN dianggap mampu untuk hal tersebut.

Saat ini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki tiga fasilitas produksi yaitu di Karawang Plant III di Kawasan Jabar Industrial Estate (KJIE) sebagai pabrik yang digunakan untuk memproduksi mesin (engine plant), di mana melengkapi dua pabrik sebelumnya yaitu Karawang Plant I dan Plant II.

Nah, jika Toyota Sienta hybrid diproduksi di Indonesia, kemungkinan komponen lokalnya turun menjadi 50 persen dari sebelumnya sebesar 80 persen komponen lokal. Artinya harga Toyota Sienta hybrid akan naik, di samping pajak ganda karena dinilai menggunakan dua mesin penggerak.

Namun dikatakan Warih, hal tersebut tidak masalah jika produksi Sienta hybrid di Indonesia juga untuk memenuhi pasar luar negeri. Jadi biaya produksi tertutupi dengan penjualan ekspor. Sebab Warih menganggap penjualan mobil ekspor cukup memberikan kontribusi.

"Kami sedang mengejar program mobil dengan emisi rendah atau Low Carbon Emission Programme (mulai 2022-2025). Jadi jika produksi Siente hybrid di Indonesia maka komponen lokal turun hanya 50 persen karena ada ubahan struktur mesin. Saat ini kami fokus mengejar Low Carbon Emission Programme," ucap Warih.

Menjadi tantangan bagi TMMIN saat ini adalah menyediakan baterai untuk Sienta hybrid, berikut cara untuk mendaur ulang dari baterai mobil hybrid agar tidak mencemari lingkungan.

"Tapi kondisi itu akan terselesaikan jika pemerintah dan principal (Toyota) duduk bersama-sama membahas soal mobil hybrid," tutup Warih. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang