Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mendadak Kopling Mobil Manual Bermasalah? Ikuti Tips Ini

Panduan Pembeli

Mendadak Kopling Mobil Manual Bermasalah? Ikuti Tips Ini

JAKARTA – Kasus  'los' kopling dan perseneling tersangkut (tidak mau berpindah) dijumpai di mobil-mobil bertransmisi manual. Jika hal itu terjadi, Toyota Indonesia memberikan beberapa tips untuk mengatasinya meski hanya untuk sementara.

Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah rusaknya master kopling kendaraan. Kerusakan ini menyebabkan kopling mobil tidak berkerja sesuai fungsi dan minyak kopling di dalam tabung biasanya sudah habis.

Tapi jangan keburu panik. Aa beberapa langkah darurat yang bisa menyelesaikan masalah Anda untuk sementara, sebelum Anda membawanya ke bengkel.

Penyelamatan pertama  tentu adalah menepikan kendaraan Anda ke lokasi aman. Setelah itu, periksa tabung minyak kopling (biasanya terletak di ruang mesin, tepat di depan setir dan tabung berukuran tiga jari orang dewasa). Periksa kondisi minyak di dalamnya. Tambahkan minyak rem hingga penuh (minyak rem memiliki fungsi yang sama dengan minyak kopling).

Kocok kopling sebelum digunakan agar minyak mengisi salurannya. Setelah itu, mobil siap kembali digunakan. Namun, jangan gunakan untuk berpergian jarak jauh karena master kopling tetap harus diperiksa di bengkel. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang