Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kenapa BBM Tidak Boleh Dicampur Sembarangan

Panduan Pembeli

Kenapa BBM Tidak Boleh Dicampur Sembarangan

JAKARTA – Mencampur BBM ron 92, 95 atau 98 dengan BBM ron 88 memang sudah menjadi hal lumrah di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan BBM berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Namun, kebiasaan tersebut rupanya dapat berdampak buruk pada kondisi kendaraan. Dilansir dari akun twitter resmi AstraWorld, hal ini karena BBM dengan ron tinggi dapat membuat mesin menjadi lebih responsive, membuat ruang bakar lebih bersih dan emisi gas buang menjadi lebih sedikit.

Tak hanya itu, BBM dengan ron tinggi juga sudah dilengkapi dengan bahan adiktif yang dapat membersihkan kerak di ruang bakar. Sebaliknya, BBM dengan ron 88 tidak dilengkapi dengan zat tersebut sehingga meyisakan kerak di ruang bakar.

Bila kedua BBM tersebut dicampur, maka adiktif yang dimiliki pada BBM ron 92, 95 atau 98 tidak akan berfungsi secara aktif. Akibatnya, selain pembakaran tidak maksimal, akan timbul kerak dan kotoran di ruang pembakaran.

Selain itu, APM selalu menyarankan untuk tetap menggunakan BBM ron 92 keatas. Hal ini agar sesuai dengan spesifikasi mesin yang digunakan. Bila pelanggan tetap nekat untuk menggunakan BBM di bawah spesifikasi dan terjadi kerusakan, maka garansi akan hilang. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang