Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hendropriyono Gandeng Esemka Garap Mobil Nasional?

Berita Otomotif

Hendropriyono Gandeng Esemka Garap Mobil Nasional?

JAKARTA - Setelah lama tak terdengar kabarnya, Esemka kini dikabarkan tengah didekati oleh perusahaan milik Abdullah Mahmud Hendropriyono. Nama perusahaan Hendropriyono itu bahkan sudah menggunakan embel-embel Esemka: PT Adiperkasa Citra Esemka.

Kabar itu cukup mengagetkan. Namun beberapa media di Indonesia sudah melansir kalau memang benar perusahaan milik Hendropriyono itu telah mendekati PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen Esemka.

Satu hal yang patut di cermati adalah pengubahan nama perusahaan tersebut. Karena sebelumnya perusahaan ini bernama PT Adiperkasa Citra Lestari ketika bertemu Proton. Tapi di situs resmi www.acemobil.com, nama perusahaan tersebut menjadi PT Adiperkasa Citra Esemka.

Dengan begitu, Esemka pun terlihat makin seksi. Sebab sebelumnya, PT Garansindo Inter Global yang merupakan pemegang merek Fiat, Chrysler, Jeep, dan Alfa Romeo di Indonesia itu mengaku tertarik untuk ikut mengembangkan Esemka.

Dalam situs resmi PT Adiperkasa Citra Esemka dijelaskan bagaimana perusahaan ini menggandeng Proton Holding Berhad (Malaysia) dengan menandatangani kerja sama pengembangan proyek otomotif. 

Surat perjanjian ditandatangani langsung oleh pihak PT Adiperkasa Citra Lestari yang diwakili oleh Abdullah Mahmud Hendropriyono serta CEO Proton Holding Berhad Daruk Abdul Harith Abdullah, di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 6 Februari 2015.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut turut disaksikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, serta mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad. 

Selain para pemimpin negara, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, juga hadir. (Baca: Proton Bakal Bantu Indonesia Bikin Mobil Nasional)

Perusahaan tersebut menyebut kalau kerja sama ini merupakan buah kerja keras yang telah dilakukan selama dua tahun sebelum kesepakatan terealisasi. PT Citra Adiperkasa Lestari tertarik dalam pengembangan proyek otomotif ini, karena komitmen perusahaan swasta asal Negeri Jiran tersebut yang ingin melakukan transfer teknologi.

Pada tahap awal kerja sama studi kelayakan telah dilakukan untuk enam bulan pertama, dimulai dengan pendaftaran komponen yang bisa diproduksi di Tanah Air. Keseluruhan komponen mobil yang akan diproduksi, berasal dari Indonesia. 

"Tujuan akhirnya, menyerap sebanyak-banyaknya tenaga kerja Indonesia dan membuat Indonesia mampu memproduksi mobil sendiri," tulis mereka di situs resminya.

Hendropriyono yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Adiperkasa Citra Esemka sendiri merupakan seorang tokoh militer Indonesia yang menjadi Kepala Badan Intelijen Negara pertama. Ia juga pernah menjadi Menteri Transmigrasi dan Perambahan Hutan dalam Kabinet Pembangunan VII serta Menteri Transmigrasi dan PPH dalam Kabinet Reformasi. 

Tahun 1999 - 2001 pernah menjadi Presiden Komisaris PT KIA Mobil Indonesia. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang