Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Yamaha Fazzio Hybrid Diyakini Perbesar Pasar, Bukan Rebut Konsumen Honda Scoopy

Berita Otomotif

Yamaha Fazzio Hybrid Diyakini Perbesar Pasar, Bukan Rebut Konsumen Honda Scoopy

JAKARTA - Yamaha Fazzio hybrid dengan Honda Scoopy diyakini punya segmentasi konsumen yang berbeda, sehingga tak saling mengancam.

Direktur Pemasaran PT. Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya percaya kehadiran Fazzio hybrid akan memperbesar pasar. Ia mengaku tidak khawatir model skutik terbaru di pasar yang desainnya mengarah ke retro itu mengancam Scoopy.

“Enggak (khawatir saingi Scoopy). Pilihan, lah. Pilihan buat konsumen karena Scoopy, kan, dari bentuknya tentunya ada di segmen yang lebih ke retro modern. Jadi memang tentu ada perbedaan segmen (konsumen),” ucap dia pascapeluncuran Honda Vario 160, Rabu (2/2/2022), berdasarkan rekaman wawancara yang diterima Mobil123.com.

Fazzio hybrid meluncur di Indonesia pada 17 Januari 2022. Mengusung mesin 125 cc dengan teknologi mild hybrid bernama Blue Core Hybrid, skutik tersebut dijual seharga Rp21,7 juta on the road (OTR) Jakarta untuk tipe Connected Neo serta Rp22 juta OTR Jakarta bagi tipe Connected Lux.

Adapun Scoopy, selain punya desain yang sama-sama retro, juga berdekatan dari sisi banderol. Harga OTR Jakarta Scoopy, jika menilik daftar harga per Januari 2022 di situs resmi AHM, sedikit di bawah dengan rentang Rp20,47 juta sampai 21,27 juta untuk empat tipe yang tersedia (Fashion, Sporty, Prestige, Stylish).

Dari sisi fitur, Fazzio hybrid antara lain dilengkapi sistem konektivitas Y-Connect yang dapat dihubungkan dengan gawai pintar (smartphone). Scoopy, di sisi lain, belum memiliki fitur serupa.

Dari sisi dapur pacu, mesin Fazzio hybrid berkapasitas 125 cc dengan Electric Power Assist Start yang membantu tenaga ketika awal tuas gas diputar. Mesin Scoopy, di sisi lain, berkapasitas 110 cc.

Lebih lanjut, pembelian Scoopy sendiri saat ini mengalami inden. Meski begitu, masa tunggunya diklaim Honda tidak terlampau lama.

“Terima kasih bahwa Scoopy diminati oleh para konsumen. (Inden) rata-rata sekitar dua minggu, lah. Enggak sampai sebulan. Kurang dari sebulan,” aku Thomas. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang