Xpander Dominasi Penjualan Mitsubishi di Kuartal I 2019

Berita Otomotif

Xpander Dominasi Penjualan Mitsubishi di Kuartal I 2019

JAKARTA - Xpander berkontribusi sangat signifikan terhadap transaksi jual-beli Mitsubishi di tiga bulan pertama 2019. Sumbangsih pesaing Toyota Avanza ini terhadap sang pabrikan berjumlah lebih dari separuhnya.

Low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut, menurut keterangan resmi Mitsubishi pada awal pekan ini, membukukan penjualan retail (dari dealer ke konsumen) sebesar 17.902 unit. Sayangnya, Mitsubishi tidak disebutkan perbandingannya dengan periode yang sama tahun lalu (year on year) dan data penjualan yang dirilis asosiasi Gaikindo pun hanya membeberkan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) untuk tiap model.

Lebih lanjut, model yang pertama kali dirilis pada Agustus 2017 itu diklaim berhasil meraup pangsa pasar 31,4 persen di segmennya. Penjualan retail seluruh kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi pada Januari - Maret sendiri mencapai 34.100 unit.

Ini berarti 52,5 persen dari total penjualan merek berlogo tiga berlian itu untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan disumbangkan oleh Xpander.

Model andalan Mitsubishi yang lain, Pajero Sport, diklaim memimpin pasar middle SUV 4x2 maupun 4x4 pada kuartal satu tahun ini. Kompetitor terberat Toyota Fortuner ini, di sektor middle SUV 4x2, disebut-sebut meraih penjualan retail 5.108 unit dengan pangsa pasar 45,7.

Untuk segmen middle SUV 4x4, Pajero Sport mampu terdistribusikan ke konsumen sebanyak 471 unit dengan pangsa pasar 471 unit.

Adapun penjualan mobil komersial ringan Mitsubishi yang terdiri dari L300 plus Triton secara akumulatif berjumlah 10.537 unit. Dengan demikian, untuk mobil penumpang, merek asal Jepang ini menorehkan 23.563 unit.

“Pada kuartal pertama tahun 2019, produk Mitsubishi Motors di Indonesia mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat, di mana Mitsubishi Xpander, Pajero Sport, Triton, dan L300 berhasil mendominasi segmennya sejak Januari hingga Maret 2019. Capaian ini juga telah mengantarkan MMKSI menjadi distributor nomor 1 dalam sales performance untuk penjualan Mitsubishi Motors Global pada April 2018 – Maret 2019,” ucap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division, PT. Mitsubsihi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menanggapi capaian mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support