Wuling Bakal Punya MPV Baru Bernama Victory, Ini Foto-Fotonya

Berita Otomotif

Wuling Bakal Punya MPV Baru Bernama Victory, Ini Foto-Fotonya

SHANGHAI – Wuling, pabrikan mobil asal China, merilis foto-foto calon multi purpose vehicle (MPV) terbaru mereka yang kelak bernama Victory.

Gambar-gambar resmi pertama Victory muncul di situs resmi General Motors pada 8 Juni 2020 kemarin. Sekadar mengingatkan, Wuling adalah merek mobil dari pabrikan SAIC General Motors Wuling (SGMW) yang merupakan joint venture atau perusahaan gabungan milik tiga korporasi besar SAIC Motor dan Liuzhou Wuling Motors dari China dengan General Motors dari Amerika Serikat.

SAIC Motor menguasai 50,1 persen saham SGMW, sedangkan Liuzhou memiliki 5,9 persennya. Sisa saham lain sejumlah 44 persen digenggam oleh General Motors.

Lebih lanjut, Victory bakal menjadi model pertama Wuling yang menerapkan logo baru global mereka. Logo ini berwana perak, bukan lagi merah seperti logo terdahulu.

Victory disebut oleh Wuling memiliki ‘desain yang bergaya’ dengan ‘estetika yang sejalan dengan tren arus utama internasional’. MPV tersebut, di saat bersamaan, juga ’mendemonstrasikan keunggulan dari Wuling’.

Model ini nantinya diandalkan untuk membawa Wuling menjadi merek yang lebih berkelas, sejalan dengan strategi mereka untuk lebih mengglobal. Wuling sendiri merupakan pemimpin di China untuk segmen MPV maupun sport utility vehicle (SUV).

Jika melihat penampakan dari foto, Victory memiliki fascia depan yang galak dan terkesan sinis. Nuansa ‘sombong’ ditimbulkan oleh perpaduan kap mesin berbentuk menggembung, gril dengan kisi-kisi horizontal yang besar dan panjang, plus Day-time Running Light menyipit di samping kiri-kanannya.

Pada bagian kiri-kanan bemper, terdapat lampu yang tampaknya akan menjadi lampu depan. Lampu pada bagian ini didesain menjadi empat kotak terpisah yang bersinar terang.

Desain lampu-lampunya mengingatkan pada tren terkini yang diusung antara lain oleh Mitsubishi Xpander, Hyundai Santa Fe maupun Hyundai Kona.

Aspek lain dari Victory yang sudah dapat diketahui dari foto resminya adalah garis karakter kuat di sisi samping bodi, desain floating roof (atap seakan mengambang, spoiler atas yang memiliki lampu indikator rem, juga lampu belakang dengan desain memanjang ke samping. Peleknya memiliki desain palang lima yang relatif berukuran besar.

Wuling Motors belum merilis secara resmi spesifikasi dari Wuling Voctory. Dan belum juga ada bocoran kapan akan diluncurkan di Indonesia.

Akan tetapi, mengingat MPV adalah jenis mobil paling diminati di Tanah Air, ada harapn besar bila Victory bakal segera hadir. Wuling sendiri sejak mulai berjualan di Nusantara pada 2017, sudah punya tiga MPV yaitu Confero, Cortez serta Formo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar