Toyota Jepang Ternyata Sempat Keheranan Lihat Desain Kijang Innova

Berita Otomotif

Toyota Jepang Ternyata Sempat Keheranan Lihat Desain Kijang Innova

JAKARTA – Desain multi purpose vehicle (MPV) yang disukai masyarakat Indonesia cukup unik bagi orang Jepang. Ini yang membuat Toyota Jepang sempat terheran-heran dengan bentuk Kijang Innova.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengungkap cerita lama mengenai diskusinya dengan orang-orang dari Toyota Jepang. Ketika itu, para pekerja dari kantor pusat Toyota mengaku bingung dengan desain Kijang Innova.

“Mereka, kalau lihat desain Kijang Innova itu pada bingung sebenarnya ini mobil apa,” ucap Anton dalam diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) dengan Toyota beberapa waktu lalu.

Pasalnya MPV Toyota di negara-negara lain berbentuk mengotak dan ‘pesek’. MPV yang punya ‘hidung’ (bonnet) seperti Kijang Innova hanya digandrungi di Nusantara.

“Saya pernah ngobrol dengan Chief Engineer MPV Toyota. Toyota di seluruh dunia itu, yang namanya MPV, modelnya seperti Alphard dan Voxy. Bentuknya besar-besar, punya sliding door (pintu geser), lalu mengotak. Tapi (Toyota Jepang heran) Innova ini sebenarnya MPV, crossover, atau apa?” tandas dia.

Kisah ini ia beberkan menyikapi pertanyaan mengenai tren desain MPV di Indonesia ke depannya. Pasalnya, muncul MPV berdesain mirip sport utility vehicle (SUV) yaitu Mitsubishi Xpander sejak 2017, yang ternyata mendapat respons amat positif khususnya dalam dua tahun pertama.

“Jadi, sebenarnya, yang kita sebut sebagai MPV di Indonesia sudah sejak awal tidaklah murni MPV. Modelnya sudah merupakan MPV yang disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. Maunya MPV tapi modelnya juga jangan terlalu kotak. Kecuali memang di segmen medium-high dan luxury, MPV kotak ini yang diterima oleh pasar. Jadi (pasar Indonesia) memang agak berbeda,” papar dia.

Kijang Innova sendiri sudah berumur 43 tahun di Indonesia, pada 2020 ini. Model itu pertama kali lahir di negeri ini pada 1977 dengan nama ‘Kijang’.

Awalnya, Kijang dibuat sebagai mobil komersial. Kemunculannya tak lepas dari permintaan pemerintah kepada pabrikan untuk membuat mobil komersial berharga murah bagi masyarakat.

Model yang dijual saat ini adalah generasi keenam. Nama ‘Kijang Innova’ sendiri mulai disematkan oleh Toyota pada generasi kelima, ketika model ini mulai diekspor ke banyak negara. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support