Wuling Almaz Rakitan Indonesia Mungkin Diekspor Sebagai Chevrolet Captiva

Berita Otomotif

Wuling Almaz Rakitan Indonesia Mungkin Diekspor Sebagai Chevrolet Captiva

JAKARTA - Wuling Almaz rakitan Indonesia yang segera diekspor ke luar negeri bisa jadi bakal dijual sebagai merek lain. Salah satu kemungkinannya adalah direbadge menjadi Chevrolet Captiva generasi terbaru.

Almaz meluncur di Indonesia pada akhir Februari dengan hanya satu varian berharga on-the-road Jakarta Rp 318,8 juta. Sport utility vehicle (SUV) yang berarti ‘berlian’ dalam bahasa Arab itu sudah dirakit di pabrik Wuling Cikarang, Bekasi.

Kini ada informasi baru lagi mengenai rencana ekspor model tersebut dari Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia. Pertama, untuk awal, tujuan ekspor barulah satu negara yang lagi-lagi masih dirahasiakan namanya.

“Nanti ekspornya pada semester kedua,” tambah Dian soal informasi baru kedua, ketika diwawancarai usai Buka Puasa Bersama Media Massa pada awal pekan ini di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Almaz telah dipastikan untuk menjadi produk Wuling Indonesia pertama yang diekspor pada tahun ini. Adapun negara tujuannya ada di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Nama Lain
Dari keterangan Dian selanjutnya, muncul pula indikasi bahwa Almaz rakitan Indonesia akan dijual sebagai merek lain. Ini karena ia tidak dengan gamblang menyebut bahwa yang diekspor adalah produk Wuling.

“Ekspornya (untuk model) platform Almaz,” ujar dia ketika itu.

Seperti diketahui, SGMW merupakan perusahaan patungan antara SAIC Motor China dengan General Motors (GM) Amerika Serikat. Salah satu bentuk kerja sama mereka adalah berbagi platform model untuk merek-merek yang ada di bawah penguasaan SAIC Motor maupun GM.

Karena itulah Almaz punya beberapa saudara kembar di pasar luar negeri. Nama para kembaran Almaz adalah Baojun 530, Chevrolet Captiva, atau MG Hector yang baru meluncur di India.

Teori bahwa Almaz akan menjadi Captiva patut masuk dalam perhitungan. Pasalnya, model tersebut belum lama ini mengaspal secara resmi di Filipina. 

Sayang, sampai saat ini hanya itulah informasi yang bersedia Dian bagikan. Ia tidak bersedia mengonfirmasi ketika Mobil123.com meminta penegasan apakah Almaz akan dijual sebagai salah satu dari tiga model tersebut.

“Nanti ya pada waktunya. Pasti kami infokan,” ujarnya sambil tersenyum. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support