Wow, Versi Produksi dari Hypercar Merek China Ini Siap Debut di Milan

Berita Otomotif

Wow, Versi Produksi dari Hypercar Merek China Ini Siap Debut di Milan

BEIJING – Versi produksi Hongqi S9, hypercar merek China, bakal menjalani debut global. Milan, Italia dipilih sebagai lokasi perkenalan perdananya.

Versi siap jual dari Hongqi S9, menurut Carscoops baru-baru ini dengan mengutip Automotive News, siap diperkenalkan kepada publik dunia dalam Milan Design Week 2021 pada awal September mendatang.

Harga hypercar merek China ini diekspektasikan mencapai 1,5 juta euro di Eropa atau sekira Rp25,28 miliar (1 euro = Rp16.854,32). Produksinya diperkirakan dimulai pada awal 2023.

Perakitan S9 nantinya berlangsung di pabrik baru Silk-FAW di Motor Valley, Reggio Emilia, Italia.

Jumlah unit yang kelak dirakit sangat terbatas. Hanya akan ada 99 unit untuk para orang kaya di seantero dunia—lebih banyak dari informasi sebelumnya, yaitu 70 unit.

Versi produksi hypercar China Hongqi S9

S9 merupakan karya pertama dari Silk-FAW, perusahaan gabungan (joint venture) antara pabrikan China FAW dengan startup mobil listrik asal Amerika Serikat bernama Silk EV.

Untuk proyek ini, pergerakan Silk-Faw tak main-main. Bagaimana tidak, mereka merekrut nama-nama top di industri mobil sport dan supercar demi bisa menandingi Ferrari dan Lamborghini.

Silk-FAW menyengget eks CEO Ferrari Amedeo Felisa sebagai Special Advisor to the Executive Chairman dan Member of the Senior Advisory Board.

Di posisi Chief Technology Officer, Silk-FAW pun mempekerjakan mantan eksekutif Ferrari, Alfa Romeo, serta BMW yang bernama Roberto Fedeli. S9 didesain pula oleh mantan bos desain Volkswagen Group yakni Walter De Silva.

Beberapa kreasi De Silva adalah Lamborghini Egoista dan Alfa Romeo 156.

Versi konsep dari S9 sendiri sebelumnya sudah unjuk diri dalam Frankfurt Motor Show 2019 serta Shanghai Auto Show 2021 pada April silam. Kendaraan purwarupanya digadang-gadang mampu berakselerasi 0-100 km per jam hanya dalam 1,9 detik berkat dapur pacu hybrid yang memadukan mesin turbo V8 dengan tiga motor listrik.

versi produksi hypercar China Hongqi S9

Adapun kecepatan puncaknya 400 km per jam. Gelontoran tenaganya diklaim sebesar 1.400 hp. Sebanyak 880 hp di antaranya datang dari mesin konvensional.

Silk-FAW tidak akan berhenti di S9. Mereka sudah berencana mengembangkan sederet mobil keren lainnya dengan perakitan di Italia atau China. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar