Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Waduh, Penjualan Mobil Mewah Bisa Terpengaruh ‘Gontok-gontokan’ Anies-Ganjar-Prabowo

Berita Otomotif

Waduh, Penjualan Mobil Mewah Bisa Terpengaruh ‘Gontok-gontokan’ Anies-Ganjar-Prabowo

JAKARTA – Eksekutif Mercedes-Benz mengatakan ‘tahun politik’ bisa membawa pengaruh negatif pada penjualan mobil mewah. Mereka pun berharap Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 yang diikuti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, serta Prabowo Subianto berlangsung kondusif.

Menurut Sales and Marketing Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto, para pembeli mobil premium punya tendensi menunda pembelian menjelang atau selama Pilpres. Mereka, kata Kariyanto, cenderung sensitif terhadap situasi politik.

“Dari pengalaman kami, segmen premium ini lebih sensitif terhadap geopolitik kalau ada tensi memanas dan sebagainya karena biasanya pembeli mobil di segmen premium ini sudah memiliki kendaraan lain juga. Bukan mobil pertama,” ucapnya usai peluncuran tujuh mobil Mercedes-Benz, Selasa (14/11/2023) di Jakarta.

“Jadi, urgensinya untuk segera membeli itu kadang masih bisa mereka tunda, jika ada kondisi kurang kondusif dan sebagainya,” lanjut Kariyanto.

Mercedes-Benz

Kariyanto membeberkan bahwa perlambatan penjualan terpantau sudah terjadi pada kuartal ketiga, untuk Mercedes-Benz. Ia tidak menjelaskan berapa besar penurunannya.

“Secara new taking order, di kuartal itu melambat dibandingkan kuartal satu atau dua. Dari diler juga memberikan umpan balik seperti itu. Pasar (mobil premium) agak melambat di kuartal ketiga,” lontarnya.

Meski demikian, ia tidak bisa langsung menilai bahwa itu adalah dampak dari ‘pertarungan’ Anies-Ganjar-Prabowo dalam Pilpres yang berlangsung Februari 2024.

Oleh karena itu, dia sementara ini menilai perlambatan tersebut disebabkan oleh deselerasi pertumbuhan ekonomi yang angkanya di bawah 5 persen pada kuartal ketiga.

“Itu (efek ‘tahun politik’ di kuartal ketiga) tidak bisa dijustifikasi karena kami tidak bisa tanya satu-persatu konsumen menunda karena apa. Satu yang kami tahu pasti, kebanyakan konsumen memang menunda,” pungkas Kariyanto.

mobil listrik Mercedes-Benz EQS SUV

Mercedes-Benz, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), membukukan penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) sebanyak 2.747 unit pada Januari-Oktober 2023.

Volume itu masih tercatat tumbuh 8,9 persen kalau dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Mercedes-Benz menjadi merek mobil mewah terlaris kedua di Tanah Air. Peringkat pertamanya adalah BMW, dengan penjualan retail 3.393 unit--meningkat 37 persen yoy. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang