Waduh, Kia Recall Ratusan Ribu Produknya Karena Risiko Mesin Mudah Terbakar

Berita Otomotif

Waduh, Kia Recall Ratusan Ribu Produknya Karena Risiko Mesin Mudah Terbakar

WASHINGTON - Kia di Amerika Serikat terpaksa melakukan recall pada ratusan unit produknya karena masalah pada bagian mesin yang punya risiko tinggi untuk terbakar.

Jika kemarin Mobil123.com melaporkan Hyundai di Amerika Serikat melakukan recall pada 130 unit mobil produksinya, kini giliran saudara tuanya, Kia. Namun jika Hyundai melakukan hal tersebut karena masalah pada conneting rod bearing , sementara yang dihadapi Kia adalah kebocoran bahan bakar atau oli dan diduga punya risiko mudah terbakar.

Tercatat 295 ribu kendaraan terdampak masalah kebocoran ini. Kia sendiri memberikan keterangan bahwa mereka telah melakukan pengujian dan akan ada perlakuan berbeda dari masing-masing mobil saat dilakukan perbaikan nantinya. 

Kia mengatakan saat recall nantinya, semua mobil terdampak akan diperiksa oleh dealer soal kebocoran bahan bakar dan atau oli yang terjadi pada mesin. Treatment atau perlakuan yang diberikan untuk masing-masing mobil bisa berbeda.

Disebutkan bahwa yang teringan adalah melakukan pergantian pada part bermasalah. Hingga terbesar adalah melakukan pergantian mesin baru utuh jika diperlukan.

Kia Recall Ratusan Ribu Unit Produknya Karena Risiko Mesin Mudah Terbakar
Masalah yang terjadi pada mesin Kia ini sendiri diungkap The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan jalan raya Amerika Serikat sejak 2019. Badan ini melakukan penyelidikan terhapa kasus kebakaran non tabrakan pada mobil-mobil produksi Kia dan Hyundai.

Kia menyebutkan bahwa NTHSA telah merekomendasikan pada mereka di bulan Juli lalu untuk melakukan recall. Dalam rekomendasi disebutkan bahwa ada keluhan dengan risiko tingkat kebakaran yang tinggi pada pada model-model tertentu buatan Kia.

"Berdasarkan rekomendasi NHTSA, dibuat keputusan untuk melakukan recall atau menarik kembali mobil-mobil tertentu buatan Kia sebagai tindakan pencegahan demi mengurangi potensi risiko kebakaran," kata pihak Kia.

Kia mengatakan secara spesifik ada beberapa model yang terdampak pada masalah ini. Dan berikut detailnya,

Kia Sorento buatan tahun 2012-2013 
Kia Forte dan Forte Kupe buatan tahun 2012-2015
Kia Optima Hybrid buatan tahun 2011-2013 
Kia Soul buatan tahun 2014-2015
Kia Sportage buatan tahun 2012

Lainnya, kejadian recall ini lagi-lagi merupakan tambahan masalah yang cukup besar bagi Kia. Karena baru-baru ini bersama Hyundai, mereka harus membayar denda putusan hukum perdata cukup besar, mencapai hampir Rp 3 triliun. 

Dan kabarnya porsi yang harus dibayarkan Kia sendiri hampir Rp 1 triliun. Sementara sisanya menjadi tanggung jawab Hyundai.

Hal ini karena keduanya gagal melakukan recall 1.6 juta mobil produksinya pada 2015 - 2017 secara tepat waktu. Dan masalahnya juga terjadi pada bagian mesin. [Ari] 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar