Volkswagen Beetle Tertua di Dunia Bangkit dari Kubur

Berita Otomotif

Volkswagen Beetle Tertua di Dunia Bangkit dari Kubur

PRAHA - Volkswagen Beetle tertua di dunia berhasil dibangkitkan dari ‘kematian’ nya.

Ondrej Brom adalah pembeli sebuah Volkswagen Beetle yang tergelak di salah satu pohon. Ia tidak tahu bahwa itu adalah salah satu Volkswagen Beetle tertua yang masih ada di dunia.  

Bagi para kolektor dan mereka yang peduli terhadap sejarah, menemukan mobil dengan nomor produksi awal akan sangat sulit. Namun, Ondrej Brom boleh dikatakan sangat beruntung karena mobil yang Ia beli memiliki nomor sasis 20 dari 21 jutaan Volkswagen Beetle di seluruh dunia.

Sejatinya, Volkswagen Beetle yang dimiliki Ondrej Brom adalah 1941 KdF-wagen Type 60. Ini karena nama Volkswagen sendiri baru muncul setelah Perang Dunia II, tapi kendaraan tersebut memiliki bentuk dan keunggulan yang sama.

Kendaraan tersebut sebelumnya adalah milik Paul Lincke, seorang composser Berlin, dua tahun setelah Inggris menyatakan perang pada Jerman. Ondrej kemudian menemukan mobil tersebut dalam kondisi mengenaskan di tahun 1988.

“Saya adalah seorang pelajar (ketika itu) dan melihat mobil ini dibawah sebiah pohon raksasa, dengan lapisan tanah menutup setengah rodanya. Itu adalah milik teman dari saudara saya,” ungkapnya.

Sayangnya, Ondrej tidak bisa langusng membeli mobil tersebut karena memang tidak dijual. Perlu waktu sekitar sembilan tahun agar bisa mendapatkan mobil tersebut. Dan ketika mobil tersebut dijual, Ia pun tidak melewatkan kesempatan.

“Saya bergegas ke rumah untuk membelinya. Ketika itu saya hanya memiliki 4.000 Czech Koruna namun harga mobil tersebut meminta 60.000 Czech Koruna. Untungnya pemilik memberi saya waktu untuk pergi ke bank,” tambahnya.

Ondrej sendiri memang sebenarnya adalah seorang kolektor Volkswagen dan dibuktikan dengan empat unit Beetles yang dimilikinya. Dengan pengetahuan yang Ia miliki, Ondrej pun menemukan fakta bahwa mobil tersebut adalah berasal dari era mesin KdF, namun perlu waktu untuk membuktikannya.

Setelah menjalani proses panjang mulai dari penghilangan cat, X-ray dan melapisi kendaraan dengan cairan khusus, nomor sasis pun akhirnya mulai ditemukan di bawah tumpukan karat. Sasis tersebut tertulis #20.

Ondrej mempercayakan retorasi kendaraannya pada Jacek Krajewski. Perlu waktu cukup lama untuk menyelesaikannya, namun hasilnya memang memuaskan. Mobil tersebut berhasil kembali ke kondisi semula. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar