Versi Produksi Toyota Rangga Concept akan Teruskan Kisah Klasik Toyota Kijang Pikap

Berita Otomotif

Versi Produksi Toyota Rangga Concept akan Teruskan Kisah Klasik Toyota Kijang Pikap

TANGERANG – Toyota Rangga Concept, ketika nanti diproduksi massal, bakal melanjutkan kisah klasik Toyota Kijang pikap yang sudah cukup lama menghilang.

Rangga Concept diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10-20 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang. Eksekutif Toyota dalam pameran itu menjelaskan kalau versi produksi Rangga Concept direncanakan mengaspal pada 2023 atau 2024.

“Akhir tahun ini atau awal tahun depan,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy di sela-sela GIIAS 2023.

Toyota Kijang Pickup 2006

Anton menjelaskan versi produksi Rangga Concept nantinya bisa disebut sebagai ‘pengganti’ Kijang pikap yang didiskontinu sejak 2006.

“Pada saat Kijang pikap didiskontinu pada 2006—saya ingat persis karena saya person in charge waktu itu—banyak sebenarnya konsumen yang menginginkan Kijang pikap tetap kontinu. Tapi, kan, platformnya sudah tidak ada. Kijang sudah berubah menjadi Kijang Innova ketika itu,” terang dia berkilas balik.

“Jadi, baru saat inilah kami bisa mendapatkan semacam ‘penggantinya’ dari Kijang Pikap atau berada di segmen itu,” lanjut Anton.

Toyota Rangga Concept

Versi produksi Rangga Concept nantinya akan mengisi segmen di bawah Toyota Hilux. Harganya kelak berada di kisaran Rp200 juta-an.

“itu (Rangga Concept) kami bawa ke pameran ini untuk mendapatkan masukan apakah memang harus ada dua lini produk yaitu Rangga dan Hilux 4x2 yang Single Cabin atau memang akan digabungkan jadi satu (Rangga saja),” papar Anton.

Versi produksi Rangga Concept bakal dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multipurpose Vehicle). Platform ini menggunakan mesin berkode TR (TR-Engine) untuk yang bensin serta GD (GD-engine) bagi yang diesel.

Toyota Rangga Concept

Di GIIAS 2023, Toyota menghadirkan berbagai contoh aplikasi dari Rangga Concept. Ada Rangga Concept Mobile Cafe, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car.

Versi produksi Rangga Concept, menurut Anton, nantinya punya tipe yang deck dan non-deck. Studi pasar sudah dilakukan selama dua tahun belakangan.

“Hilux dikembangkan kebanyakan untuk kebutuhan heavy duty dan mungkin kebanyakan sebagai mobil penumpang juga, ya, kalau di Thailand. Jadi agak beda. Saya rasa, produk ini (Rangga) akan lebih pas, lebih cocok untuk pasar Indonesia,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang