Toyota Rangga Concept Bikin Nostalgia, Jadi Ingat Awal Mula Toyota Kijang

Berita Otomotif

Toyota Rangga Concept Bikin Nostalgia, Jadi Ingat Awal Mula Toyota Kijang

TANGERANG – Toyota Rangga Concept, dari nama maupun modelnya, membuat kita bernostalgia mengenai awal mula Toyota Kijang.

Rangga Concept diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10-20 Agustus di Serpong, Tangerang. Rangga Concept merupakan purwarupa mobil pikap untuk keperluan komersial.

“Toyota menghadirkan mobil konsep Rangga untuk dapat meneruskan warisan kesuksesan dari Kijang pikap yang ikonik yang dikenal akan ketangguhannya dan keandalannya, serta mampu memberikan solusi mobilitas yang ekonomis dan sesuai kebutuhan para pelaku usaha,” kata Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto pada hari pembuka GIIAS 2023, Kamis (10/8/2023).

Toyota Kijang Generasi Satu

Sekadar mengingatkan, Kijang merupakan mobil legendaris di pasar Indonesia yang sudah dipasarkan sejak 1977. Model ini pertama kali dibuat dalam bentuk pikap untuk untuk membantu aktivitas perekonomian di Indonesia.

Tapi, sekarang, Kijang sudah bertransformasi menjadi sebuah mobil penumpang. Generasi ketujuhnya yakni Kijang Innova Zenix hybrid meluncur pada November 2022 silam.

Lebih lanjut, penamaan Rangga Concept juga terinspirasi dari sejarah panjang mobil Kijang. Rangga adalah salah satu varian flagship ‘Kijang Kapsul’—Kijang generasi keempat—pada 1997, bersama varian lainnya yaitu Krista.

Kata ‘Rangga’ sendiri merupakan serapan dari bahasa Jawa ‘Ronggo’ yang berarti kesatria atau pahlawan. Toyota berharap Rangga Concept dapat menjadi pahlawan bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Toyota Rangga Concept

Rangga Concept, seperti pula Kijang pikap dahulu, menggandeng para karoseri lokal serta industri pendukung untuk berbagai aplikasi.

Selain karoseri lokal, Toyota siap melibatkan berbagai value chain (rantai nilai) lain untuk kebutuhan para pengusaha pengguna Rangga Concept semisal ekosistem pembiayaan sampai layanan purnajual.

Di booth Toyota, Rangga dikonversi ke dalam berbagai bentuk seperti Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car.

“Sebagai ‘pahlawan’, Rangga diharapkan mampu menyediakan solusi bagi semua dan membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan,” tutup Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang