Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil-Mobil Toyota Rakitan Indonesia Mengincar Lebih Banyak Negara Afrika

Berita Otomotif

Mobil-Mobil Toyota Rakitan Indonesia Mengincar Lebih Banyak Negara Afrika

JAKARTA – Mobil-mobil Toyota buatan Indonesia akan dijual di lebih banyak negara pada 2023. Penetrasi ke kawasan Afrika ingin diperdalam.

Eksekutif PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membeberkan rencana ekspansi pasar ekspor tahun ini. Sayang, modelnya tidak disebutkan.

Pada 2022 kemarin, mereka sudah membuka jalur ekspor baru ke Australia, dengan model Toyota Fortuner.

Itu pertama kalinya sebuah mobil rakitan Indonesia mampu menembus ‘Negeri Kangguru’.

“Tahun ini (2023), kami juga akan melakukan ekspansi negara tujuan ekspor ke Kawasan Afrika, sebagai salah satu strategi untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs TMMIN Bob Azam dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu.

ekspor Toyota Veloz

Sebagai informasi, Toyota sejauh ini sudah mengekspor mobil-mobil produksi Indonesia ke lebih dari 80 negara.

Ada yang dikapalkan secara unit utuh (completely built up/CBU), ada pula yang dikirimkan secara terurai (completely knocked down/CKD).

Region-region yang sudah berhasil dipenetrasi antara lain ialah Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, Karibia.

Toyota melakukan aktivitas manufakturing di Tanah Air melalui dua pihak. Pertama adalah lewat pabrik-pabrik TMMIN.

Selain itu, jenama asal Jepang tersebut juga memanfaatkan pabrik-pabrik milik ‘adik’ mereka yaitu PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

ekspor Toyota Kijang Innova Zenix

Tahun lalu, Toyota mencatatkan ekspor CBU sebanyak 297 ribu unit. Terjadi peningkatan 58 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Merek mobil terlaris di dunia ini menorehkan rekor ekspor CBU terbanyak dari Indonesia, sejak pertama kali memulainya 35 tahun silam.

Daftar model yang diekspor dari jenis sport utility vehicle (SUV) adalah Toyota Raize, Toyota Rush, Toyota Fortuner.

Lalu, dari segmen multi purpose vehicle (MPV), terdapat Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Sienta, Toyota Kijang Innova, Toyota Lite Ace/Town Ace.

Ada pula mobil-mobil sedan, city car, hatchback. Daftar modelnya terdiri dari Toyota Vios, Toyota Agya, Toyota Yaris.

Pada 2023, Toyota bersiap pula mengekspor CBU generasi terbaru Kijang yakni Kijang Innova Zenix, baik yang bermesin bensin maupun hybrid.’

Sebelumnya, selama 35 tahun, Toyota tidak pernah sekali pun mengekspor kendaraan berteknologi elektrifikasi dari Indonesia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang