Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Truk dan Bus Mercedes-Benz akan Punya Pabrik Sendiri di Indonesia, Beroperasi 2025

Berita Otomotif

Truk dan Bus Mercedes-Benz akan Punya Pabrik Sendiri di Indonesia, Beroperasi 2025

JAKARTA – Daimler Truck, korporasi bus dan truk Mercedes-Benz, memutuskan untuk membangun pabrik milik mereka sendiri di Indonesia.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) pabrik Daimler Truck, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, sudah berlangsung pada Senin (19/2/2024). Fasilitas produksi dan perakitan mereka berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Sekadar mengingatkan, tadinya truk dan bus Mercedes-Benz dirakit di pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Pabrik itu juga memproduksi model-model mobil penumpang Mercedes-Benz.

Pembangunan pabrik Daimler Truck di Cikarang berlangsung setelah bisnis produksi maupun penjualan mobil penumpang Mercedes-Benz di Tanah Air diambil alih oleh duet Inchcape-Indomobil Group secara resmi pada Maret 2023.

groundbreaking pabrik truk dan bus Mercedes-Benz di Cikarang 2024

Lebih lanjut, pembangunan pabrik Daimler Truck di Cikarang akan berlangsung sepanjang 2024. Pengoperasian secara penuh ditargetkan berlangsung mulai kuartal pertama 2025.

Head of International Sales and Customer Services-Daimler Truck Asia Andreas Deuschle menegaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar utama truk dan bus Mercedes-Benz di Asia Tenggara.

Mereka percaya negara ini memiliki potensi sangat besar plus pertumbuhan yang menjanjikan.

“Dewan direksi Daimler Truck AG telah menyetujui pembangunan pabrik baru ini, dengan investasi senilai Rp500 miliar sebagai bentuk komitmen mereka. Kami percaya ini adalah kesempatan baik baik Daimler Truck AG untuk meningkatkan keberadaan kami, dengan menghadirkan produk dan layanan tepat untuk membuat Indonesia terus maju,” ucap dia.

truk mercedes-benz axor

Pabrik baru truk dan bus Mercedes-Benz terbentang seluas 14,6 hektare. Di dalam kompleks tersebut tidak hanya bakal terdapat pabrik perakitan, tapi juga lintasan uji coba, kantor manajemen, maupun pusat persiapan kendaraan.

“Kami ingin mempromosikan produksi dan distribusi kendaraan komersial kami berdasarkan tiga pilar utama yaitu memprioritaskan kualitas dan keamanan untuk mobilisasi di masa depan, berpusat pada pelanggan, dan percepatan peningkatan kandungan lokal,” kata Deuschle.

Pabrik truk dan bus Mercedes-Benz di Cikarang akan dioperasikan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) yang akan berkoordinasi erat dengan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) sebagai penjual dan pemasar.

“Perkembangan positif ini menggarisbawahi peran penting Indonesia sebagai salah satu titik utama dalam rantai pasokan truk dan bus Mercedes-Benz. Diharapkan perkembangan ini mampu meningkatkan proposisi nilai kami untuk mitra bisnis yang ada maupun untuk calon mitra bisnis yang sedang mencari produk dan layanan yang dapat diandalkan,” ujar President Director DCVMI Sankaranarayanan Ramamurthi.

“Sejak Mercedes-Benz Truck Axor Euro 4 diluncurkan pada bulan Juni 2022, secara bertahap kami telah merakit unit ini secara lokal hingga saat ini sudah memiliki tujuh model,” tambah President Director DCVI Naeem Hassim. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang