Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pabrik Baru Mercedes-Benz di Indonesia Bisa Bikin hingga 4.000 Truk dan Bus Setahun

Berita Otomotif

Pabrik Baru Mercedes-Benz di Indonesia Bisa Bikin hingga 4.000 Truk dan Bus Setahun

JAKARTA – Daimler Truck sedang menyiapkan pabrik yang bisa merakit sampai dengan 4.000 unit truk dan bus Mercedes-Benz per tahun di Indonesia.

Sekadar mengingatkan, Daimler Truck sejak Februari 2024 kemarin dalam proses membangun pabrik milik sendiri di Cikarang, Bekasi, dengan nilai investasi setara Rp500 miliar. Sebelumnya, mereka melakukan perakitan lokal dengan menumpang di pabrik kendaraan penumpang Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor.

“Pembangunan pabrik kami berjalan dengan sangat baik. Semua berjalan sesuai dengan rencana sejauh ini. Kami hanya harus mengikuti segala prosedur dan uji kelayakan, sesuai regulasi yang ada di Indonesia,” terang President Director PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) Naeem Hassim pada Senin (1/4/2024) di Jakarta.

“Sebagai contoh, kami harus mendapatkan sertifikat terkait lingkungan (sertifikat AMDAL/Analisis Mengenai Dampak Lingkungan—Red) maupun sertifikat-sertifikat lain untuk pindah dari satu pabrik ke pabrik lainnya,” lanjutnya.

truk Mercedes-Benz

Daimler Truck, pungkas Naeem, masih belum mengubah target pengoperasian pabrik baru mereka di Cikarang. Fasilitas manufakturing ini diproyeksikan sudah bisa melakukan produksi massal tepat setahun setelah pemancangan tiang perdana.

“Target kami pada Februari 2025 dan kami terus mendorong realisasinya,” tegas dia.

Kapasitas produksi terpasang pabrik truk dan bus Mercedes-Benz di Cikarang, tandas Naeem, mampu memenuhi permintaan untuk 3.000-4.000 unit dalam setahun. Sayang, ia tidak menyebutkan kapan utilisasi pabrik bisa mencapai level maksimalnya karena penjualan Daimler Truck di Indonesia saat ini belum sebanyak itu.

Bus Mercedes-Benz

“Kapasitas produksinya bisa mencapai 3.000 unit kendaraan per tahun. Katakan saja 2.500 unit (dengan shift/giliran kerja normal) dan kami bisa lakukan shift kerja ganda untuk mencapai produksi 4.000 unit kendaraan,” tukas pria asal Afrika Selatan ini.

Dalam lima tahun terakhir, penjualan retail (dari diler ke konsumen) dari Daimler Truck di Indonesia paling banyak ialah 2.718 unit dalam setahun, jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Itu mereka capai pada 2022.

Kalau dijabarkan, transaksi jual-beli truk dan bus Mercedes-Benz sejak 2019 sampai 2023 secara berurutan adalah 2.142 unit, 1.193 unit, 1.904 unit, 2.718 unit, 1.877 unit. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang