Traktor Ini Siap Adu Cepat Lawan Agya dan Ayla

Berita Otomotif

Traktor Ini Siap Adu Cepat Lawan Agya dan Ayla

LONDON - Sebuah alat bantu pertanian baru saja dinobatkan sebagai traktor tercepat di dunia. Jika melihat kecepatan puncaknya, bisa jadi traktor tersebut melebihi kemampuan low cost green car (LCGC) yang Anda miliki.

Namanya adalah JCB Fastrac 8000. Farmer’s Weekly, seperti dikutip dari Motor Authority, baru saja menobatkannya sebagai traktor tercepat sejagad raya pada pekan lalu.

Kecepatannya memang mencengangkan. Bagaimana tidak, klimaks performa Fastrac 8000 adalah 103,6 mil/jam atau setara dengan 166,7 km/jam.

Kecepatan puncak tersebut melampaui pemegang rekor lama yang ‘hanya’ menyentuh 82,27 mil/jam (132,4 km/jam). Tidak disebutkan merek sang pemegang rekor lama, tapi dijelaskan bahwa traktor itu sempat dijajal oleh Stig dalam salah satu episode acara otomotif terkenal Top Gear yang ditayangkan oleh stasiun TV BBC.

Lebih lanjut, Fastrac 8000 berhasil menjadi traktor tercepat di dunia dengan bantuan William Advanced Engineering yang bertanggungjawab membuatnya lebih aerodinamis lagi. Sosok yang menjajalnya hingga menyentuh 166,7 km/jam sendiri adalah pembalap motor Guy Martin.

Meski diubah menjadi lebih aerodinamis, JCB mengklaim bahwa hampir semua komponennya tidak diubah alias masih orisinil dan karena itu bisa ditemukan di traktor-traktor pertanian pada umumnya. Modifikasi hampir 100 persen berfokus pada pengurangan hambatan udara.

Salah satu diferensiasi terbesar dibandingkan versi standar adalah penyematan locked rear axle. Dengan demikian, tenaga disalurkan hanya kepada roda-roa belakang dan sistem penggerak empat roda pada Fastrac 8000 versi standar dinonaktifkan.

Tenaga Fastrac 8000 datang dari mesin diesel berkapasitas besar, 7.2-liter, dengan enam silinder. Ada pula penyematan turbocharga plus supercharger elektrik.

Gelontoran dayanya mampu menyentuh 1.000 hp. Sementara itu, torsinya 1.843 pound-feet atau setara dengan 2.498 Nm.

Pada saat pemecahan rekor, tenaganya sendiri dikurangi hingga hanya 500hp. Kendati begitu, ternyata Fastrac 8000 masih punya banyak hal untuk ditunjukkan.

Transmisi standar bertipe Continuously Variable Timing (CVT) diganti dengan transmisi manual ZF enam percepatan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar