Mau Mobil LCGC Anda Maksimal Iritnya? Perhatikan Oli yang Dipakai

Panduan Pembeli

Mau Mobil LCGC Anda Maksimal Iritnya? Perhatikan Oli yang Dipakai

JAKARTA - Mobil-mobil di segmen low cost green car (LCGC) unggul soal keiritan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Namun, jika sang pemilik salah memilih oli, mobil LCGC yang dimiliki berpotensi tidak bisa mengeluarkan tingkat keiritan terbaiknya.

Segmen LCGC diciptakan pada 2013 oleh pemerintah dan mendapat keistimewaan berupa pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sehingga harganya terjangkau bagi pemilik mobil pemula. Syaratnya, mobil itu harga mempunyai efisiensi BBM minimal 20 km/liter, berkapasitas mesin bensin maksimal 1.200 CC, dirakit secara lokal, plus mempunyai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 85 persen dalam lima tahun setelah diproduksi.

Tingkat keiritan terbaik di mobil-mobil LCGC sendiri bisa dicapai dengan memperhatikan beberapa hal, khususnya karakter serta gaya mengemudi orang yang berada di balik setir kemudi. Hal lain yang mesti diketahui adalah penggunaan oli yang tepat bagi mobil tersebut.

Pasalnya, setiap jenis mesin memiliki kinerja berbeda, sehingga membutuhkan spesifikasi pelumas berlainan pula. Memilih oli mesin yang tepat untuk LCGC tak hanya membuatnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tapi juga memperpanjang usia mesin.

Cara paling mudah adalah dengan melihat buku panduan mobil mengenai spesifikasi pelumas yang dibutuhkan. Kemudian, pilih pelumas dengan sertifikasi dari institusi-institusi seperti API, ACEA, ILSAC, dan JASO.

Oli yang dijual di pasar tersedia dalam dua material dasar yaitu mineral dan sintetis. Keduanya memiliki perbedaan jenis minyak dasar (base oil), di mana oli sintetis memiliki ketahanan yang lebih lama dari oksidasi.

Terakhir, pilih oli dengan teknologi tambahan yang makin menguntungkan bagi mesin.

Nah, untuk mobil-mobil LCGC, ada SHELL HELIX ECO 0W-20 FULL SYNTHETIC dan SHELL HELIX ECO 5W-30 SYNTHETIC yang memang diformulasikan khusus bagi semua kendaraan di segmen tersebut. Keduanya merupakan oli sintetis dan dipersenjatai dengan FUEL EFFICIENCYTECHNOLOGY.

Berbekal FUEL EFFICIENCY TECHNOLOGY, SHELL ECO 0W-20 FULL SYNTHETIC dan SHELL HELIX ECO 5W-30 SYNTHETIC mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar serta sebagai hasilnya, mengurangi emisi. Teknologi pembersih unik dari Shell Active Cleansing Technology (ACT) juga mampu memberikan perlindungan tinggi terhadap endapan kotoran sisa pembakaran di mesin dan mencegah pencegahan terjadi.

Dengan reputasi Shell sebagai produsen oli terkemuka dunia, SHELL ECO 0-20 FULL SYNTHETIC dan SHELL HELIX ECO 5W-30 SYNTHETIC dijual di Indonesia dengan banderol terjangkau. Semua demi menjadikan keduanya pasangan yang sempurna bagi mobil-mobil LCGC Anda. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual