Toyota Supra dan BMW Z4 Direcall Karena Tangki BBM Bocor, Berpotensi Terbakar

Berita Otomotif

Toyota Supra dan BMW Z4 Direcall Karena Tangki BBM Bocor, Berpotensi Terbakar

WASHINGTON - Toyota Supra dan BMW Z4 kembali direcall, kali ini terdapat masalah pada tangki bahan bakar yang bisa meningkatkan risiko terbakar.

Untuk kedua kalinya duet Toyota Supra dan BMW Z4 direcall. Jika yang pertama ada masalah dengan lampu depan, kali ini terjadi pada tangki bahan bakar, ditemukan berpotensi bocor dan bisa mengakibatkan kebakaran.

The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan jalan raya Amerika berhasil mengidentifikasi kerusakan pada tangki BBM Supra dan Z4, disebut telah terjadi pada 49 unit. Cacat pada tangki tersebut disebabkan karena buruknya pengelasan antara dua bagian tangki buatan Magna Steyr, pabrik yang membuat kedua mobil ini.

Secara spesifik NHTSA menyebutkan bahwa karena kualitas buruk pengelasan pada dua bagian tangki, lambat laun akan mengakibatkan kebocoran. Terlebih saat tangki terisi penuh, sambungan las disebut tidak kuat untuk menahan tekanan akibat dorongan bahan bakar plus getaran saat mobil berjalan.

Toyota Supra dan BMW Z4 Direcall Karena Tangki BBM Bocor, Berpotensi Terbakar

 Kebocoran pada tangki BBM tentu memiliki potensi besar atau sangat berisiko mengakibatkan kebakaran. Pengemudi dan penumpang sejatinya bisa mengidentifikasi kebocoran dari bau BBM yang tercium hingga ke dalam kabin serta kemudian bisa melakukan pengecekan dengan melihat kondisi tangki di kolong mobil.

Toyota Supra yang terkena recall adalah rakitan 11 April 2019 - 16 Juli 2020. Sementara BMW Z4 untuk rakitan 26 Juni 2019 - 9 Juli 2020.

Pihak Toyota dan BMW sendiri akan segera menghubungi pemilik untuk melakukan perbaikan. Penarikan ini diharapkan akan dimulai pada 4 Januari 2021. Sayang belum dijelaskan apakah hanya akan dilakukan perbaikan jalur las atau penggatian tangki baru berikut dengan jangka waktu pengerjaannya.

Perbaikan sendiri tentunya tidak akan dikenakan biaya. Terlebih semua mobil tersebut masih dalam masa garansi. Namun apabila pengguna telah melakukan insiatif perbaikan sendiri justru akan merusak garansi.

Di Indonesia belum ada kabar tentang masalah kebocoran tangki BBM pada Supra dan Z4. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar