Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Detik-Detik Toyota Supra Bertenaga 1.500 HP Hilang Kendali Saat Drag Race

Berita Otomotif

Detik-Detik Toyota Supra Bertenaga 1.500 HP Hilang Kendali Saat Drag Race

BERLIN - Toyota Supra A80 bertenaga luar biasa besar hingga 1.500 hp ini hilang kendali saat dipacu di arena drag race.

Kejadian ini terjadi di acara adu kecepatan 1/4 mil yang digelar di arena pacuan kuda di Lausitzring Jerman. Saat itu Supra generasi 4 bertenaga monster hasil modifikasi TurboZentrum hadir untuk memperlihatkan seluruh kemampuannya.

Namun rencana tersebut batal terjadi setelah mobil tersebut kehilangan kendali saat sedang dipacu. Kemudian menabrak pagar pembatas.

Menurut TurboZentrum, Yalcin Belen sang pengemudi tiba-tiba melakukan manuver saat melaju dengan kecepatan sekitar 220 km/jam pada posisi gigi 4. Tidak jelas obstacle apa yang membuat Yalcin reflek harus menggoyang roda kemudi pada kondisi tersebut, hal tersebut sejatinya tak boleh dilakukan karena fatal akibatnya dan terbukti.

Pada titik itu Supra bertenaga monster tersebut langsung kehilangan traksi dan kemudian berputar liar 180 derajat. Sesaat setelahnya, menghantam pagar pembatas pada sisi kiri mobil kemudian kembali menghantam pagar pada sisi kanan.

"Perubahan jalur tiba-tiba dilakukan menjadi ancaman saat bergerak di jalur yang lurus. Ini karena ban slick drag race punya spesialisasi untuk menjaga agar tenaga mobil dapat tersalurkan dengan baik saat lurus, tidak dirancang melakukan bermanuver atau bergoyang mendadak,' jelas tim TurboZentrum.

Apalagi saat itu kondisi aspal baru saja kering karena sisa hujan beberapa waktu sebelumnya. Ini tentu membuat daya cengkram ban sedikut berkurang dan pada akhirnya membuat bagian belakang bergoyang mendorong ke depan sehingga hilang kendali.

Beruntung, sang pembalap tidak terluka dalam insiden tersebut. Ia bisa keluar dari mobil tanpa bantuan dari petugas penjaga keselamatan.

Toyota Supra Lawas Bertenaga 1.500 HP Hilang Kendali Saat Drag Race
Sementara Supra A80 bertenaga monster hasil modifikasi TurboZentrum ini mengalami kerusakan pada bodi. Namun kondisi mesin dilaporkan masih aman

Pihak TuboZentrum memastikan akan tampil lebih baik lagi di balap tahun depan. Mereka mengisyartkan akan tampil dalam upaya mencetak rekor dunia bersama Supra bertenaga 1.500 hp andalannya ini.

Nantikan berita selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar