Toyota Corolla Cross Jadi Mobil Hybrid Termurah di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Corolla Cross Jadi Mobil Hybrid Termurah di Indonesia

JAKARTA – Status mobil hybrid termurah di Indonesia yang dulu dipegang oleh C-HR sudah diambil alih oleh Corolla Cross. Harganya di bawah Rp 500 juta.

Corolla Cross resmi meluncur secara virtual di Indonesia pada Kamis (6/8/2020) dan hanya terdiri dari dua tipe. Pertama adalah mesin bensin 1.8-liter, sedangkan yang kedua ialah mesin hybrid.

“(Corolla Cross) hybrid temurah di line up Toyota dan juga di Indonesia,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam seremoni peluncuran sport utility vehicle (SUV) lima penumpang itu via YouTube.

Banderolnya sendiri tak sampai Rp 500 juta, tepatnya Rp 497,8 juta on-the-road Jakarta. Sementara, tipe bermesin konvensional dijual Rp 457,8 juta on-the-road Jakarta.

“Selisihnya Rp 40 juta (antara kedua tipe),” sebut Anton dalam konferensi pers virtual pascapeluncuran melalui aplikasi Zoom.

Sebelumnya, status mobil hybrid termurah di Nusantara dipegang oleh C-HR. ‘Kakak’ Corolla Cross ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2018 hanya berbekal mesin bensin dengan kapasitas yang juga 1.8-liter, dilanjutkan dengan varian hybrid pada April 2019.

Ketika pertama kali diperkenalkan C-HR hybrid dijual seharga Rp 523,35 juta on-the-road Jakarta untuk Single Tone, sedangkan opsi Dual Tone lebih mahal Rp 1,5 juta. Kini, per Agustus 2020, kini harga jualnya Rp 546,29 juta serta Rp 547,79 juta.

Lebih lanjut, Anton percaya Corolla Cross hybrid bisa menyumbangkan 40 persen terhadap penjualan model tersebut secara keseluruhannya. Adapun target untuk kedua tipenya adalah 200 – 300 unit per bulan.

“Volume (target penjualan) sebenarnya tergantung dari pasar. Kami belum bisa benar-benar prediksi pasarnya akan jadi berapa karena masih sangat dinamis. Tapi, jika melihat kondisi sekarang dengan perkiraan penjualan mobil nasional di 600 ribu unit, kami targetkan Corolla Cross di kisaran 200 – 300 unit per bulan. Mudah-mudahan bisa menstimulasi pasar. Kalau pasar naik, ya, mungkin bisa mengarah ke angka lebih dari itu,” tandas dia.

Versi SUV dari sedan Corolla ini punya satu fitur unik yaitu Near-Field-Communication (NFC) pada head unit 9 incinya. Fitur-fitur lain adalah Audio Steering Switch, AC Digital Dual Zone, Multi Information Display 4,2 inci, Voice Command, Sunroof, Wiper with Rain Sensor, Smart Entry, Auto Fold Mirror, serta Head Unit 9 inci dengan berbagai kemampuan termasuk NFC.

Untuk keselamatan, ada pula sistem pengereman ABS+EBD, 3 Pointed Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, 7 Airbag, Hills Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Sensor Parkir Depan dan Belakang, Rear Parking Camera, Immobilizer, Alarm. Tapi belum ada Toyota Safety Sense seperti di Thailand. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar