Toyota Sediakan Truk Berbahan Bakar Hidrogen Bagi Seven-Eleven

Berita Otomotif

Toyota Sediakan Truk Berbahan Bakar Hidrogen Bagi Seven-Eleven

TOKYO – Toyota dan Seven-Eleven mengumumkan kerja sama penyediaan truk fuel cell (berbahan bakar hidrogen) bagi jaringan mini market tersebut di Jepang.

Seven-Eleven, seperti dikutip dari situs resmi Toyota, akan menggunakan truk-truk hidrogen dari pabrikan otomotif tersebut untuk pengiriman. Gerai mini market yang sempat melebarkan sayap ke Indonesia ini bakal mulai memakai truk hidrogen Toyota mulai musim semi mendatang.

Executive Vice President Toyota Motor Corporation Shigeki Tomoyama menilai kolaborasi keduanya akan mempromosikan penggunaan mobil hidrogen untuk berbagai keperluan. Ia berharap Toyota dan Seven-Eleven mampu menunjukkan potensi dari teknologi yang kalah gaung dari mobil listrik tersebut.

Toyota, sebelum fokus ke mobil listrik, sudah terlebih dahulu mengembangkan mobil hidrogen. Mereka bahkan sudah memasarkan mobil hidrogen Toyota Mirai di negara-negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Jerman sejak beberapa tahun belakangan.

Adapun Seven-Eleven merupakan jaringan mini market tersohor asal ‘Negeri Sakura’. Di sana, mereka sudah mempunyai lebih dari 20 ribu gerai.

“Kami berencana memperkenalkan truk hidrogen di semua area Jepang pada masa depan,” kata President Seven-Eleven Jepang Kazuki Furuya.

Dalam konferensi pers, Toyota bersama Seven-Eleven juga mempublikasikan truk hidrogen yang kelak digunakan. Truk tersebut berkapasitas 3 ton. Teknologi fuel cell yang digunakan sama dengan milik Mirai.

Selain menjadi sumber energi bagi baterai serta motor listrik, hidrogen juga bakal menyediakan tenaga listrik bagi kulkas di bagian belakang truk. Truk hidrogen Toyota mampu menempuh 200 km dalam sehari dan memiliki fungsi lain sebagai penyedia tenaga listrik bagi mini market saat bencana alam.

Seven-Eleven secara total akan memiliki 6.000 unit truk hidrogen Toyota. Saat ini, sebanyak 15 persen dari kendaraan logistik mereka berteknologi ramah lingkungan dan porsi tersebut ingin diperbesar hingga 20 persen pada 2020.

Ke depannya, Toyota dan Seven-Eleven juga sepakat bahu-membahu untuk membuat gerai-gerai mini market ini lebih hemat energi. Seven-Eleven nantinya menggunakan sel-sel baterai dari mobil hybrid Toyota untuk menyimpan energi listrik yang ditangkap dari sinar matahari. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar