Toyota Recall 24.662 unit Mobilnya di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Recall 24.662 unit Mobilnya di Indonesia

JAKARTA – Toyota mengumumkan penarikan dan perbaikan gratis (recall) terhadap lima model mereka di Indonesia dengan jumlah total lebih dari 24 ribu unit karena potensi masalah pada sensor airbag.

Kelima model tersebut menurut keterangan pers Toyota yang diterima Mobil123.com pada awal pekan ini adalah Alphard, Corolla, Fortuner, Kijang Innova, Hilux. Adapun tahun produksi model-model yang di-recall adalah 7 Mei 2015 hingga 29 Januari 2016, dengan volume 24.662 unit secara akumulatif.

Recall ini sendiri disebut PT. Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek di Indonesia sebagai Special Service Campaign (SSC) dan dilakukan untuk menindaklanjuti informasi dari Toyota Motor Corporation (TMC) di Jepang. Di seluruh dunia, model-model yang terkena masalah sama adalah Alphard/Velfire, Sienta, Noah/Voxy/Esquire, Probox/Succeed, Corolla, Highlander, Prius, Levin, Hilux.

Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto mengatakan pihaknya mengutamakan pelayanan menyeluruh bagi pelanggan, salah satunya dengan terus meningkatkan layanan purnajual seperti SSC. Melalui SSC, Toyota akan memeriksa dan jika diperlukan mengganti komponen kendaraan berdasarkan masalah yang ditemui, khususnya berkaitan aspek keselamatan berkendara.

Untuk memastikan SSC berjalan dengan baik, para pemilik kendaraan Toyota diundang melalui surat yang dikirimkan secara resmi dan langsung kepada para pelanggan. Mereka diminta datang ke dealer atau bengkel terdekat.

 “SSC hadir untuk memberikan layanan yang cepat dan efektif kepada para pelanggan Toyota. SSC kami hadirkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan semangat peace of mind bagi pelanggan,” kata Henry.

Toyota pun telah menyiapkan saluran komunikasi khusus untuk menangani SSC. Pelanggan cukup menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat atau menghubungi Toyota Customer Care di nomor telpon 1-500-315.

Pelanggan juga dapat mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc, dengan memasukkan nomor rangka. Informasi mengenai apakah kendaraan tersebut terlibat atau tidak dalam program SSC kemudian akan muncul.

Keseluruhan parts pengganti telah siap di bengkel resmi Toyota. Namun, demi kenyamanan pelanggan, maka disarankan menghubungi dealer terdekat untuk pengaturan jadwal booking.  Untuk pemeriksaan dan penggantian sensor airbag memakan waktu mulai dari 30 menit hingga maksimal 7 jam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual