Calon Supercar Toyota Dijajal Langsung oleh Sang CEO

Berita Otomotif

Calon Supercar Toyota Dijajal Langsung oleh Sang CEO

TOKYO - Akio Toyoda, Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation, merasakan sendiri sensasi berkendara supercar hybrid GR Super Sport yang bahkan belum meluncur secara resmi di pasar.

Toyoda memang sangat antusias dengan mobil-mobil kencang. Ia percaya Toyota berpotensi untuk menjadi merek yang lebih sporty.

Toyoda, seperti dikutip dari Auto Evolution pada awal pekan ini, mengendarainya di Fuji Speedway. Cicit dari pendiri Toyota Kiichiro Toyoda ini sendiri memiliki citra cukup keren karena memegang sertifikasi ‘master driver’ dari pabrikan tersebut, setelah lulus mengendarai Supra generasi terdahulu.

Model yang dibawa Akio Toyoda merupakan versi purwarupa GR Super Sport bernama RHD yang secara tampilan lebih terlihat sebagai mobil balap daripada mobil jalanan. Mobil ini akan menjadi mobil kencang terbaru Toyota selanjutnya di bawah kepemimpinan dia, setelah 86 dan Supra.

Rencananya, GR Super Sport bakal diperkenalkan pada 2020. Supercar mid-engine (posisi mesin di tengah bodi) ini pun kelak mengikuti World Endurance Championship dan berkompetisi dengan mobil-mobil berkemampuan gila lainnya seperti Aston Martin Valkryrie.

Tidak banyak unit yang nantinya diproduksi oleh Toyota. Setidaknya, cuma 100 unit yang bakal dibuat.

Toyota mengekspektasikan GR Super Sport mampu memuntahkan tenaga maksimal 986 hp. Daya sebesar itu dihasillkan oleh mesin bensin konvensional yang belum diketahui kapasitasnya plus motor-motor listrik yang juga belum diungkap jumlahnya.

Sebagai referensi saja, mobil balap hybrid Toyota TS050 menggunakan mesin bensin 2.4-liter twin-turbo V6 ditambah dua motor listrik. Akumulasi tenaga dari dua sistem penggerak ini adalah 986hp.

Tentu saja belum jelas apakah GR Super Sport nantinya juga ditawarkan untuk pasar Indonesia atau tidak, atau setidaknya dipamerkan di sini. Namun, Toyota sudah menjual mobil sport 86 di sini dan Supra generasi terbaru yang dikembangkan bersama-sama dengan BMW Z4 sudah dipastikan meluncur pada semester kedua tahun ini, bisa jadi dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 - 28 Juli mendatang di Serpong, Tangerang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support