Toyota Pastikan Avanza Baru Tak Bernuansa SUV

Berita Otomotif

Toyota Pastikan Avanza Baru Tak Bernuansa SUV

JAKARTA – Toyota menegaskan Avanza terbaru tidak akan memiliki desain eksterior yang bernuansa sport utility vehicle (SUV) seperti salah satu gambar (render) yang tersebar luas di internet beberapa waktu lalu.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengakui mereka juga memperhatikan render-render yang dibuat oleh pihak luar dan cukup mendapat respons di internet. Bahkan, ada di antaranya pereka render yang diundang bertemu Toyota.

“Ada beberapa yang kami juga pertemukan dengan desainer kami karena kami anggap sebagai masukan untuk nanti, kalau ada pengembangan Avanza baru,” ucapnya di sela-sela Temu Akhir Tahun Toyota dengan Media Massa pada awal pekan ini di Jakarta.

Namun, lagi-lagi Soerjopranoto tidak bersedia mengonfirmasi informasi yang didapat rekan-rekan pers, termasuk Mobil123.com, soal rencana peluncuran Avanza facelift pada Januari 2019. Kabar yang didapat Mobil123.com dari dua dealer Toyota di sekitar Jakarta itu juga mengatakan produksi Avanza maupun Daihatsu Xenia terkini di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor sudah dihentikan untuk mempersiapkan perakitan maupun distribusi model barunya.

Lebih lanjut, Soerjopranoto hanya menjelaskan bahwa mereka pastinya membuat riset dan pengembangan untuk seluruh model. Untuk Avanza, perubahan pada aspek eksterior menjadi pekerjaan rumah terpenting.

Kemudian, jika pun Avanza terbaru nantinya hadir, desainnya tak akan bernuansa SUV. Toyota mengaku ingin mempertahankan orisinalitas sebuah multi purpose vehicle (MPV) pada Avanza, baik melalui desain atau pun sistem penggerak roda belakangnya karena segmen ini sejatinya kendaraan multiguna yang dapat mengangkut banyak penumpang maupun barang.

“Kami masih berasumsi Avanza dan Xenia hasil kolaborasi Toyota – Daihatsu masih merupakan produk yang cocok untuk konsumen Indonesia. Hal-hal yang memang dibutuhkan masyarakat di Indonesia memang penggerak roda belakang dan size yang kompak. Kalau bicara soal ground clearance antara SUV dan MPV sendiri memang hampir mirip karena kebutuhan kondisi jalan di Indonesia,” papar Soerjopranoto lagi.

Desain MPV mirip SUV ini sendiri dicetuskan oleh Mitsubishi melalui produk terbaru mereka yaitu Xpander yang meluncur pada Agustus 2017. Xpander mendapat sambutan luas hingga sempat menyalip Avanza sebagai mobil terlaris Indonesia selama Januari – September kemarin, sebelum akhirnya disalip lagi oleh Avanza pada Oktober.

Saat Xpander hadir, penjualan Avanza pada 2018 menurun. Toyota mengakui penurunan tersebut memang karena persaingan yang makin ketat akibat kemunculan produk-produk baru.

Tren SUV juga melanda pasar Indonesia, seperti di pasar global. Hal ini turut membuat pemain asal China Dongfeng Sokon (DFSK) ingin fokus menggarap pasar SUV dalam jangka menengah. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support