Penjualan Toyota Avanza 2018 Turun Drastis Karena Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Penjualan Toyota Avanza 2018 Turun Drastis Karena Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Toyota memprediksi penjualan Avanza pada akhir 2018 tak sebanyak setahun sebelumnya karena makin kerasnya persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), memperkirakan penjualan Avanza akan berakhir di angka 70 ribu – 80 ribu unit tahun ini, jika melihat performa wholesales model tersebut selama Januari – Oktober kemarin. Ia mengakui volume tersebut lebih rendah dibandingkan capaian Avanza pada 2017.

“Banyak pilihan untuk konsumen sekarang ini. Desain baru, harga murah. Tapi kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap Avanza sehingga tetap menjadi pilihan bagi calon pembeli mobil baru di kelas LMPV. Akhirnya, kami bisa mempertahankan penjualan di angka 6.000 – 7.000-an unit per bulannya,” ucap dia kepada Mobil123.com via pesan singkat beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa performa Avanza pada 2017 menyentuh 116.311 unit. Artinya, distribusi Avanza diproyeksikan turun 31,22 persen sampai 39,82 persen  bandingkan periode yang sama (year on year).

Penjualan Avanza di 2017 sendiri sudah turun 5,17 persen year on year 2016. Sementara, total pasar mobil nasional dari tahun ke tahu berjumlah 1,062 juta (2016), 1,079 juta unit (2017) dan 1,1 juta unit (prediksi 2018).

Persaingan di segmen LMPV memang memanas sejak 2017. Penyebabnya adalah munculnya dua model baru yaitu Mitsubishi Xpander plus Wuling Confero. Mitsubishi memosisikan produknya sebagai produk stylish, sedangkan Wuling bekerja dengan strategi harga lebih murah namun lebih ‘murah hati’ dari sisi fitur.

Xpander bahkan sempat menjatuhkan Avanza dari takhta pada Januari – September. Namun, Avanza kembali bisa merebut kembali mahkota pada bulan kesepuluh.

Toyota, menurut Soerjopranoto, tidak memikirkan apakah Avanza akan berada tetap menjadi mobil terlaris Indonesia seperti tahun lalu atau tidak. Dia mengatakan yang terpenting adalah bagaimana selalu bisa memuaskan para pembeli kendaraan Toyota. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support