Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota: Mobil Hybrid yang Lebih Murah untuk Indonesia sedang dalam Pembicaraan

Mobil Listrik

Toyota: Mobil Hybrid yang Lebih Murah untuk Indonesia sedang dalam Pembicaraan

JAKARTA – Agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia dan prinsipal Toyota di Jepang sedang berkomunikasi terkait produk mobil hybrid yang lebih murah.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menerangkan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk secara bertahap merilis model mobil hybrid di segmen harga yang makin murah.

Ini bisa dilihat dari langkah mereka meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix hybrid (November 2022), kemudian Toyota Yaris Cross hybrid (Mei 2023) yang sama-sama rakitan lokal.

“Jadi, bertahap, lah, kalau kami boleh bilang,” ucap dia di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Bahkan, lanjut dia, TAM selaku APM kini sedang berdiskusi dengan Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang agar bisa menghadirkan model-model yang lebih mampu bersaing lagi dari sisi harga.

“Mohon dukungannya juga, ya. Kami (TAM) lagi bicara dengan prinsipal untuk mendapatkan produk-produk yang lebih kompetitif lagi. Sampai di situ dulu penjelasan saya. Lebih dari itu, tolong jangan ditanyakan dulu seperti apakah modelnya Toyota Avanza atau model apa,” papar Anton sembari tertawa.

Diberitakan sebelumnya, pemerintahan Presiden Joko Widodo memang gencar mendorong tumbuh kembang pasar serta industri kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Pemantiknya ialah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 yang kemudian direvisi dengan Perpres Nomor 79 Tahun 2023.

Toyota sendiri mempenetrasi pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia dengan strategi 'Multi Pathway' yang ingin menghadirkan beragam pilihan bagi konsumen. Akan tetapi, fokus utama produksi lokal kendaraan elektrifikasi mereka saat ini ialah model-model mobil hybrid.

Toyota Yaris Cross hybrid

Sejauh ini, model-model elektrifikasi Toyota baru Kijang Innova Zenix hybrid dan Yaris Cross hybrid yang diproduksi di dalam negeri.

Keduanya juga kendaraan elektrifikasi termurah Toyota, dengan harga mulai Rp400 jutaan.

Pilihan model kendaraan elektrifikasi lain dari mereka yang tersedia saat ini tapi masih diimpor utuh ialah Toyota Corolla Cross hybrid, Toyota Alphard hybrid, Toyota Vellfire hybrid, Toyota Corolla Altis hybrid, Toyota Camry hybrid, Toyota RAV4 PHEV, Toyota bZ4X.

Kalau bicara Lexus—merek premium dari Toyota—pilihan model elektrifikasinya malah makin bervariasi. Namun, semuanya masih diimpor utuh. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang