Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Strategi Elektrifikasi Toyota Indonesia Mengarah ke Mobil Listrik Murah

Berita Otomotif

Strategi Elektrifikasi Toyota Indonesia Mengarah ke Mobil Listrik Murah

JAKARTA – Toyota menegaskan tujuan strategi elektrifikasi mereka di pasar Indonesia nantinya adalah mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) berharga murah.

Era mobil listrik memang sudah masuk ke Indonesia, terpicu oleh segala insentif fiskal maupun non-fiskal yang diinstruksikan oleh Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Toyota pun sejak tahun itu lebih gencar meluncurkan mobil-mobil berteknologi elektrifikasi. Bahkan, sejak November 2022 kemarin, mereka merilis Toyota Kijang Innova Zenix hybrid yang sudah dirakit lokal.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan langkah yang mereka ambil mengarah ke mobil listrik di segmen A serta B, dengan harga di bawah Rp300 juta.

“Kami akan mengarah ke sana (mobil listrik murah). Segmen Rp400 juta ke bawah segmennya mayoritas konsumen kita (pasar Indonesia), ya,” ujar Henry usai Buka Puasa Bersama Toyota, Rabu (29/3/2023) di Jakarta.

Meski begitu, lanjutnya, menghadirkan mobil listrik murah di negeri ini butuh waktu. Tantangan-tantangan yang perlu diatasi antara lain adalah faktor biaya produksi, menyangkut baterainya yang masih mahal.

“Perlu kami lihat juga kendaraan seperti apa yang package-nya (paketnya) bisa diterima dan lain-lain. Jadi, selain masalah teknologinya, kami juga akan coba dari kendaraannya sendiri yang sesuai kebutuhan masyarakat,” lontar Henry.

dealer mobil Toyota Auto2000

Sembari mempelajari terus mengenai mobil listrik murah, kata dia, Toyota terlebih dahulu bakal menghadirkan beragam kendaraan elektrifikasi dalam bentuk mobil hybrid.

Dengan demikian, Toyota sudah bisa berkontribusi terhadap target penurunan emisi gas buang yang dicanangkan pemerintah.

Lantas, apakah Toyota akan menghadirkan mobil hybrid murah seharga di bawah Rp300 juta-an?

“Tunggu saja tanggal mainnya,” pungkas Henry singkat.

Berdasarkan penelusuran di situs resmi mereka, pabrikan asal Jepang tersebut kini menjual lima mobil hybrid plus satu mobil listrik murni berlogo Toyota.

Adapun daftarnya ialah Toyota C-HR hybrid, Toyota Corolla Cross hybrid, Toyota Corolla Altis hybrid, Toyota Camry hybrid, Toyota Kijang Innova Zenix hybrid, Toyota bZ4X BEV.

Dalam kurun beberapa bulan ke depan, mereka bersiap melepas Toyota RAV4 PHEV (plug-in hybrid electric vehicle).

Dari merek Lexus, daftarnya berisikan 10 model hybrid, PHEV, hingga BEV. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang