Toyota Masih Pelajari Model Mobil Listrik yang Dirakit di Indonesia Mulai 2025

Berita Otomotif

Toyota Masih Pelajari Model Mobil Listrik yang Dirakit di Indonesia Mulai 2025

JAKARTA – Model-model mobil listrik Toyota yang diproduksi di Indonesia mulai 2025 dan seterusnya masih dipelajari.

President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan pihaknya sudah memiliki rencana yang ajek untuk produksi lokal mobil listrik hingga 2024. Meski demikian, untuk 2025 ke atas, pihaknya masih melakukan studi.

“Jadi, step (tahapan) itu ada, ya. Execution timing (waktu eksekusi) kami untuk lini produk sampai 2024 itu fix (ajek), lah. Termasuk di dalamnya Toyota Kijang Innova Zenix. Namun demikian, kami juga melakukan penelitian untuk 2025 ke atas model elektrifikasi apa lagi yang harus kami prioritaskan untuk diperkenalkan,” papar dia pada Kamis (1/12/2022) di Bandung, berdasarkan bahan wawancara yang didapat Mobil123.com.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Sekadar mengingatkan, Kijang Innova Zenix yang disebutkan oleh Warih menyandang teknologi hybrid dan menjadi mobil listrik pertama Toyota yang dirakit di Tanah Air. Generasi ketujuh dari multi purpose vehicle (MPV) legendaris Toyota di pasar Indonesia ini meluncur pada 21 November 2022 kemarin.

Adapun produksinya dilakukan di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat. Warih, usai peluncuran, mengungkapkan kalau nantinya bakal ada mobil hybrid rakitan lokal yang lebih mahal serta lebih murah daripada Kijang Innova Zenix hybrid—kini dibanderol Rp458 juta sampai Rp614 juta on the road (OTR) Jakarta.

Toyota sendiri menggarap pasar mobil ramah lingkungan yang semakin menjadi tuntutan dengan strategi Multi Pathway. Artinya, mereka tidak ingin fokus pada satu teknologi ‘hijau’ tertentu.

mobil listrik Toyota bZ4X

Toyota akan menghadirkan mobil hybrid, mobil plug-in hybrid (PHEV), mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), serta mobil hidrogen (fuel cell vehicle/FCEV).

Bahkan, Toyota kini juga sedang melakukan riset dan pengembangan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan serta mesin pembakaran internal berbahan bakar hidrogen (hydrogen internal combustion engine vehicle/HICEV).

“Kami enggak ada tendensi. Kami sediakan semua (teknologi) elektrifikasi. Silakan konsumen menentukan. Kami perkenalkan semua,” jelas Warih terkait Multi Pathway.

Toyota saat ini menjual 15 model mobil listrik di Indonesia dengan teknologi hybrid, PHEV, atau BEV. Model-model itu dijual dengan merek Toyota serta Lexus.

Selain Kijang Innova Zenix, ada antara lain Toyota bZ4X, Lexus UX 300e, maupun Toyota Prius PHEV. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar