Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Indonesia akan Bikin Sejarah Baru Lewat Kijang Innova Zenix

Berita Otomotif

Toyota Indonesia akan Bikin Sejarah Baru Lewat Kijang Innova Zenix

JAKARTA – Toyota Indonesia bersiap menorehkan sejarah mengekspor mobil listrik mulai 2023. Adapun modelnya adalah Toyota Kijang Innova Zenix.

Sekadar mengingatkan, Kijang Innova Zenix mengaspal di Indonesia pada November 2022. Pada generasi ketujuhnya, Kijang Innova terdiri dari varian-varian bermesin bensin serta hybrid.

Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menjelaskan Kijang Innova Zenix yang diproduksi di pabrik Karawang, Jawa Barat rencananya diekspor mulai 2023.

Sayang, ia masih merahasiakan waktu tepatnya.

“Innova Zenix buatan lokal di pabrik TMMIMN diekspor ke luar negeri mulai tahun ini. Tunggu saja tanggal mainnya,” ucap dia, seperti dikutip dari pernyataan resmi TMMIN yang diterima Mobil123.com pada Senin (30/1/2023).

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Toyota sendiri sebenarnya sudah melakukan ekspor dari Indonesia sejak 1987 silam. Tapi, selama ini produknya adalah mobil-mobil bermesin konvensional (internal combustion engine/ICE).

Oleh karena itu, ekspor Kijang Innova Zenix akan masuk dalam catatan sejarah sebagai mobil berteknologi elektrifikasi pertama Toyota dari Tanah Air.

“Kendaraan tersebut akan menjadi produk elektrifikasi pertama pabrikan yang dikapalkan ke luar negeri,” tukas Bob.

Tidak hanya varian hybrid yang kelak diekspor. Varian mesin bensinnya juga bersiap dipasarkan di berbagai negara lain.

Sayangnya, Bob masih enggan membocorkan daftar negara yang nantinya menjadi tujuan.

“Ini (ekspor Kijang Innova Zenix) untuk dua-duanya ya, baik itu konvensional maupun hybrid,” tandasnya.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Kijang Innova Zenix sebelumnya sudah mencatatkan rekor sebagai mobil listrik pertama Toyota yang berstatus rakitan lokal.

Setelah mengaspal, multi purpose vehicle (MPV) legendaris di pasar otomotif Tanah Air itu diklaim mendapatkan respons positif dari pasar.

Catatan terakhir, sejak meluncur sampai dengan 19 Desember 2022, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Kijang Innova Zenix mencapai 7.200 unit dan 80 persennya dikontribusikan oleh varian-varian hybrid.

Indennya diestimasi bisa mencapai enam bulan.

Harga Kijang Innova Zenix, per Januari 2023, dimulai dari Rp419-614 juta on the road (OTR) Jakarta. Banderol tipe-tipe yang bermesin hybrid dimulai dari Rp458-614 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang