Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

SPK Kijang Innova Zenix 7.200 Unit! Pesan yang Hybrid, Lebaran 2023 Masih Inden

Berita Otomotif

SPK Kijang Innova Zenix 7.200 Unit! Pesan yang Hybrid, Lebaran 2023 Masih Inden

SEMARANG - Pemesanan Toyota Kijang Innova Zenix sudah menembus 7 ribu unit. Jika pesan varian hybrid-nya sekarang, Lebaran Idul Fitri 2023 pun belum tentu bisa dapat unitnya.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengklaim Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Kijang Innova Zenix, per 18 Desember 2022, sudah mencapai sekitar 7.200 unit. Angka tersebut digapai hampir sebulan setelah peluncurannya.

"(Pemberitahuan) terakhir 8 Desember 2022, kan, (pemesanan Kijang Innova Zenix) sekitar 4.000 unit. Sekarang hampir dobel, dua kali lipat dari yang kemarin,” ujar dia merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive Kijang Innova Zenix pada 19-20 Desember di Semarang, Jawa Tengah.

Sekadar mengingatkan, Kijang Innova Zenix meluncur di Indonesia pada 21 November 2022. Harga on the road (OTR) Jakarta varian-varian bermesin bensin (G, V) Rp419-470 juta, sedangkan yang hybrid (V, Q) Rp458-614 juta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Lebih lanjut, Anton menjelaskan 80 persen dari total SPK model tersebut masih dikontribusikan oleh varian-varian hybrid. Sisanya adalah tipe-tipe bermesin bensin.

Dengan kemampuan suplai terkini, inden Kijang Innova Zenix hybrid diklaim masih berkisar di enam bulanan.

“Enam bulan itu, artinya lewat Lebaran, ya. Kira-kira itu lah yang harus kami perhatikan sekarang,” aku Anton.

Sebagai informasi, Lebaran Idul Fitri 2023 diperkirakan jatuh empat bulan dari sekarang. Adapun tanggalnya ialah 21-22 April 2022.

Momen itu diketahui sebagai momen mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam untuk membeli mobil agar bisa dipakai mudik serta merayakan hari raya.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Kondisi yang jomplang dialami oleh Kijang Innova Zenix bermesin bensin. Unit-unitnya siap didistribusikan ke para pembeli dalam waktu singkat.

“Kalau yang bensin pada dasarnya lebih available (tersedia). Bisa dua minggu-an, lah (dapat unitnya). Lebih ready (tersedia stok—Red),” ungkap Anton.

Kijang Innova Zenix hybrid sendiri merupakan mobil listrik pertama Toyota yang dirakit di Indonesia. Produsennya ialah pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Toyota ingin masuk ke era elektrifikasi di pasar otomotif Tanah Air dengan strategi Multi Pathway. Artinya, mereka tidak ingin fokus hanya kepada satu teknologi saja dan ingin menyediakan semua yang dibutuhkan masyarakat dari berbagai segmen. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang