Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota GR Supra Transmisi Manual Dirumorkan Segera Meluncur Tahun Ini

Berita Otomotif

Toyota GR Supra Transmisi Manual Dirumorkan Segera Meluncur Tahun Ini

TOKYO - Para ‘sultan’ bisa tergugah mengeluarkan uang jika rumor ini benar: Toyota GR Supra transmisi manual direncanakan meluncur dalam waktu dekat.

GR Supra yang dijual sekarang memang hanya tersedia dalam satu jenis transmisi yaitu otomatis delapan percepatan.

Namun, seperti dilaporkan situs Creative311 beberapa waktu lalu, Toyota berencana mengumumkan rencana penjualan GR Supra bertransmisi manual enam percepatan pada 28 April 2022.

Sayang, laporan tersebut hanya mengatakan kalau GR Supra dengan girboks manual akan dipasarkan di Jepang. Belum ada informasi mengenai rencana peluncurannya di negara lain, termasuk Indonesia.

Produksi GR Supra bertransmisi manual diisukan berlangsung mulai Juli. Opsi transmisi ini hanya bakal disediakan bagi tipe tertinggi di ‘Negeri Matahari Terbit’ yaitu RZ.

Girboks manual enam percepatan di dapur pacu GR Supra nantinya dijodohkan dengan mesin bensin 3.0-liter turbocharged, enam silinder segaris. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 382 hp, dengan torsi puncak 498 Nm.

Tipe transmisi manual, lanjut gosip tersebut, akan pula dilengkapi dengan berbagai teknologi bantuan pengemudian aktif. Di antaranya ialah Adaptive Cruise Control serta Rear Emergency Braking.

Untuk merayakan kembalinya transmisi manual pada mobil sport legendaris ini, Toyota konon juga akan menghadirkan GR Supra edisi spesial Matte White (Matte White Edition).

Toyota hanya akan membuatnya sebanyak 50 unit. GR Supra Matte White Edition didasarkan dari tipe RZ dan bakal menampilkan warna bodi matte white, interior berkelir coklat, fitur Wireless Charger, plus emblem khusus pada dasbornya. .

Isu peluncuran GR Supra transmisi manual tahun ini bisa jadi benar. Pasalnya, sejak 2018, Toyota sudah mengungkapkan bahwa hal itu sedang mereka pelajari.

“Ya, kami mengembangkannya. Sudah ada peranti kerasnya,” beber Assistant Chief Engineer for Supra Masayuki Kai di sela-sela Global First Drive GR Supra di Madrid, Spanyol.

Sebagai informasi, Supra generasi kelima menjalani debut globalnya pada 2018 di Jenewa, setelah lama ‘mati suri’. Model ini merupakan hasil pengembangan bersama antara Toyota dengan BMW.

Tak heran, GR Supra mempunyai ‘saudara’ bernama BMW Z4. Kedua model hanya diproduksi di Austria.

GR Supra meluncur di Indonesia pada semester dua 2019, di dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Kemudian, pada September 2020, GR Supra untuk pasar Indonesia mendapat penyegaran model.

Menurut situs resmi Toyota Indonesia per Maret 2022, harga on the road (OTR) Jakarta GR Supra ialah Rp2.035.520.000. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang