Toyota GR Supra Dapat Penyegaran, Harga di Indonesia Rp 2,1 Miliar

Mobil Baru

Toyota GR Supra Dapat Penyegaran, Harga di Indonesia Rp 2,1 Miliar

JAKARTA – Toyota Gazoo Racing (GR) Supra facelift menjadi model baru kesepuluh Toyota di Indonesia pada 2020. Harganya tembus Rp 2,1 miliar.

GR Supra pertama kali mengaspal di Tanah Air pada 2019, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Baru selang setahun, mobil yang dikembangkan bersama dengan BMW Z4 itu mendapatkan versi facelift.

Variannya juga ditambah menjadi dua. Varian terkini adalah GR Supra Special Edition.

Tidak disebutkan mengenai harga GR Supra facelift dalam keterangan resmi mengenai peluncuran pada Selasa (22/9/2020). Namun, jika menilik situs resmi Toyota, varian pertama yakni 3.0 AT berbanderol Rp 2.158.500.000 on-the-road Jakarta, sementara varian 3.0 AT Special Edition Rp 2.179.000.000.


“Melalui New GR Supra ini, kami  ingin  menegaskan komitmen senantiasa melakukan pengembangan dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Mesin 3.0-liter enam silinder segaris milik GR Supra facelift menghasilkan tenaga lebih besar, dari 338 hp menjadi 385 hp di 5.800 – 6.500 rpm. Adapun torsi maksimalnya 500 Nm di 1.800 – 5.000 rpm.

Di sisi teknis, terdapat juga penambahan strut brace. Ini tak hanya mampu membuat cengkraman ban menjadi lebih kuat, namun juga meningkatkan kestabilan GR Supra saat dipacu dalam kecepatan tinggi dan saat melewati tikungan.


Dari sisi desain, terdapat penambahan logo Supra pada kaliper merah rem depan. Dari sisi fitur, terdapat penambahan wireless charger di dalam kabin dengan nuansa warna hitam.

Khusus varian Special Edition, GR Supra facelift diberikan beberapa ubahan. Ada warna eksterior Horizon Blue, pelek alloi berdesain sporty ukuran 19 inci dengan warna Matte Black, dan kursi yang dibalut material Black Alcantara with Blue Stitching dan Blue Perforation Underlay.


GR Supra sendiri sempat mati suri beberapa lama, sebelum dihidupkan lagi melalui kerja sama Toyota – BMW. Generasi kelimanya diperkenalkan pada Januari 2019 dalam North American International Auto Show, Amerika Serikat.

“Toyota memang berupaya untuk secepatnya bisa membawa New GR Supra ke Indonesia, sebagai bukti komitmen kami menghadirkan kendaraan terbaik untuk konsumen di semua segmen. New GR Supra adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk pengemar sports car di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar