Toyota Corolla Cross Dipastikan bakal Meluncur di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Corolla Cross Dipastikan bakal Meluncur di Indonesia

JAKARTA – Toyota Corolla Cross, yang baru saja menjalani debut global, dipastikan bakal mengaspal pula di Indonesia.

Bersiaplah. Toyota akan menambah lagi lini model sport utility vehicle (SUV) mereka di Tanah Air.

Model tersebut adalah Corolla Cross. Versi SUV dari sedan Corolla ini baru saja diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada dunia di Thailand pada Kamis (9/7/2020) dan di sana berharga sekitar Rp 457 juta-an sampai Rp 551 juta-an.

Toyota, dalam situs resmi global mereka, menyatakan akan menjualnya di beragam negara tanpa merincikan lebih lanjut. Namun, Mobil123.com mendapat informasi dari salah satu eksekutif agen pemegang merek Toyota di Nusantara bahwa model tersebut nantinya juga terlihat di sini.

“Iya, kami ada rencana memperkenalkannya,” ucap Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) via pesan singkat.

Hingga berita ini dinaikkan Anton tidak membalas lagi pertanyaan lain mengenai waktu peluncuran. Akan tetapi, jika petinggi Toyota sudah berani membuka informasi, seremoni perkenalan bisa jadi bakal terjadi dalam waktu yang tak terlalu lama dari sekarang. Tentunya asumsi itu masih membutuhkan konfirmasi lebih lanjut dari narasumber resmi TAM.

Corolla Cross dibangun di atas platform TNGA-C. Kapasitas penumpangnya lima orang, dengan dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, serta tinggi 1.620. Sumbu roda terbentang sepanjang 2.640 mm, dengan radius putar 5,2 m.

Di Thailand, mobil berpenggerak roda depan ini ditawarkan dalam dua opsi mesin. Selain mesin bensin 1.8-liter berdaya 138 hp dan torsi 177 Nm, ada juga tipe hybrid yang memadukan mesin bensin berkapasitas sama dengan motor penggerak listrik dengan total tenaga 166 hp serta torsi 305 Nm.

Corolla Cross juga tidak memiliki transmisi manual. Girboks yang dibenamkam Toyota adalah Super CVT-I atau Electric CVT pada tipe hybrid.

Dari dimensi, kapasitas penumpang, maupun kubikasi mesin, Corolla Cross setanding dengan SUV kompak Honda HR-V, Mazda CX-3, Nissan Kicks. Belum diketahui, apakah Toyota Indonesia akan membawa mesin konvensional plus hybrid atau hanya memilih salah satunya.

Toyota kini memiliki empat SUV di Nusantara. Model termurah adalah Rush, kemudian ada C-HR, Fortuner, hingga Land Cruiser. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar