Toyota Corolla Cross yang akan Meluncur di Indonesia Bermesin Hybrid

Berita Otomotif

Toyota Corolla Cross yang akan Meluncur di Indonesia Bermesin Hybrid

JAKARTA – Toyota Corolla Cross yang bakal mengaspal di Indonesia pekan depan dipastikan menyandang mesin hybrid. Belum diungkapkan apakah tipe mesin konvensionalnya juga ikut dijual.

Toyota sejak akhir tahun lalu sudah menjelaskan ingin membawa hybrid baru, plug-in hybrid (PHEV) plus mobil listrik murni. PHEV yang mereka maksud sudah meluncur pada Maret silam lalu yaitu Prius.

Tinggal model hybrid dan mobil listrik yang belum terlihat. Adapun model hybrid-nya dipastikan oleh eksekutif PT. Toyota Astra Motor (TAM) adalah Corolla Cross.

Versi SUV dari Corolla ini memang bakal meluncur di Tanah Air pada 6 Agustus 2020 mendatang secara virtual via YouTube. Ini diketahui dari undangan resmi yang dikirimkan TAM via surel pada Rabu (29/7/2020) kemarin.

Tentu saja, tidak ada penjelasan terkait spesifikasi di dalam surat undangan tersebut. Akan tetapi, akun Instagram resmi Toyota Indonesia mempromosikan soal peluncuran Corolla Cross hybrid pada 6 Agustus. Informasi tersebut pun sudah dikonfirmasi langsung oleh agen pemegang merek.

“Iya betul,” ucap Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran TAM kepada Mobil123.com via pesan singkat.

Model yang menjalani debut global di Thailand pada 9 Juli 2020 tersebut sebenarnya terdiri dari dua tipe mesin. Pertama adalah hybrid yang memadukan mesin bensin 1.8-liter dengan motor penggerak serta baterai listrik, sedangkan yang kedua adalah mesin bensin 1.8-liter. Keduanya hanya memiliki transmisi otomatis CVT.

Anton tidak bersedia menjelaskan apakah mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) dari Corolla Cross bakal terlihat pula pada 6 Agustus.

“Detailnya nanti, ya, menyusul,” jawab dia.

Corolla Cross merupakan SUV kompak berkapasitas penumpang lima orang dengan panjang bodi 4.460 mm, lebar 1.825 mm, serta tinggi 1.620. Sumbu roda terbentang sepanjang 2.640 mm, dengan radius putar 5,2 m.

Kendaraan yang diproduksi di Thailand tersebut menggunakan platform TNGA-C. Di Thailand, harganya mulai dari Rp 450 juta-an.

Untuk pasar Thailand punya  fitur kenyamanan dan hiburan seperti Smart Key, Power Back Door, kursi pengaturan elektrik 8 arah di sisi pengemudi, dual climate zone, Multi information display atau MID 7 inci, setir dengan audio dan MID control, plus layar sentuh 9 inci dengan Apple CarPlay. Untuk keselamatan penumpang, terdapat Toyota Safety Sense yang terdiri dari Automatic High Beam, Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Blind Spot Monitor.  [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar