Toyota C-HR Tak Ancam Honda HR-V

Berita Otomotif

Toyota C-HR Tak Ancam Honda HR-V

JAKARTA – Toyota C-HR, yang baru saja diluncurkan di Indonesia, dianggap Honda bukanlah pesaing HR-V karena selisih harga antara keduanya berbeda jauh.

Toyota C-HR mengaspal secara resmi di Tanah Air pada Selasa (10/4/2018). Sport utility vehicle (SUV) kompak itu dirilis dalam satu varian yakni mesin bensin 1.8-liter dengan dua tipe warna yaitu solid tone berbanderol on-the-road Jakarta Rp 488,5 juta serta two-tone berharga Rp 490 juta.

Meski secara dimensi maupun kapasitas mesin sama dengan salah satu varian HR-V, Honda mengganggap crossover SUV terbaru Toyota itu tak menjadi ancaman bagi jagoan mereka tersebut. Pasalnya, pemosisian harga Toyota C-HR di Indonesia dipatok di angka cukup jauh dari HR-V.

<>related> “Kayaknya C-HR tidak mengincar HR-V saya rasa, walaupun secara dimensi mirip-mirip. Di Jepang, sih, keduanya di segmen yang sama. Saya enggak tahu kenapa harganya mahal. Kalau lihat harga jauh begitu kayaknya HR-V bukan targetnya,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy menjawab pertanyaan Mobil123.com pada Selasa (10/4/2018) di Jakarta.

Jonfis berbicara seusai pembukaan Honda Gallery di Senayan City yang bakal berlangsung hingga Juni. Honda Gallery pertama di Asia tersebut ditujukan untuk memamerkan mobil, motor beperforma tinggi maupun teknologi mobilitas dari pabrikan asal Jepang ini.

Lebih lanjut, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi Honda Indonesia, harga on-the road Jakarta HR-V tipe 1.8-liter memang berbeda cukup jauh dengan C-HR. HR-V 1.8-liter yang dijual mulai dari Rp 378.499.997 hingga Rp 404.500.000.  Ini artinya selisih harga keduanya mencapai lebih dari Rp 100 juta.

Sementara di sisi lain, PT HPM sejauh ini juga belum berencana menghadirkan H-RV facelift. Padahal, model terbarunya sudah diperkenalkan baru-baru ini di Jepang.

“Sampai saat ini kita belum ada rencana untuk lakukan MMC (minor model change). Itu tergantung negara masing-masing,” ujar Jonfis.

Penjualan HR-V 1.8-liter sendiri berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-Februari  2018, menurun 34,48 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year on year dari 1.343 unit menjadi 880 unit. Varian lainnya yakni HR-V 1.5-liter juga turun 36,12 persen dari 7.636 unit menjadi 4.838 unit. Jonfis menganggap hal tersebut masih oke.

“Penjualannya masih oke, masih 4.000-5.000 lah HR-V secara total,” tandas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual