Toyota Jawab Soal Peluncuran C-HR Hybrid: Sabar, Sebentar Lagi Kok

Berita Otomotif

Toyota Jawab Soal Peluncuran C-HR Hybrid: Sabar, Sebentar Lagi Kok

JAKARTA - Toyota C-HR hybrid dipastikan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat.

C-HR hybrid sudah Toyota pamerkan di Indonesia sejak 2017 dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Ketika, itu mereka sudah membeberkan bahwa model ini akan meluncur di Tanah Air dengan memanfaatkan insentif pajak yang sedang disusun melalui regulasi low carbon emission vehicle (LCEV).

Setelah dua tahun, akhirnya ada kepastian dari salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia ini mengenai waktu peluncuran sport utility vehicle (SUV) rendah emisi gas buang tersebut. Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa waktunya tak lama lagi.

“Sabar, sebentar lagi, kok,” ucapnya melalui pesan singkat kepada Mobil123.com pada awal pekan ini di Jakarta.

Mobil123.com sendiri sempat mendapatkan ‘bisikan’ dari sumber yang tidak ingin disebutkan namanya bahwa peluncuran C-HR hybrid akan terjadi April ini. Seremoni rencananya dilakukan sebelum Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang dimulai pada 25 April - 5 Mei mendatang.

Menurut sang narasumber, tanggalnya kemungkinan adalah 22 April. Anton sendiri menolak mengomentari kabar itu.

“Sabar, tunggu tanggal mainnya. Tapi memang kami ada rencana untuk memperkenalkan C-HR hybrid,” jawabnya.

Regulasi LCEV sendiri diekspektasikan terbit pada bulan ini. Salah satu insentifnya yaitu keringanan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sudah dipresentasikan di depan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bulan lalu.

Adapun draf skema PPnBM itu antara lain mengusulkan mobil penumpang berkapasitas kurang dari 10 orang dengan mesin konvensional mendapat PPnBM 15 - 70 persen. Hybrid 2 - 30 persen, flexy engine 8 persen, PHEV atau listrik murni 0 persen. Mobil-mobil LCGC sendiri 3 persen.

Insentif diberikan kepada korporasi otomotif yang berkomitmen melakukan perakitan lokal. Pemerintah juga sudah menargetkan bahwa pada 2025 mobil-mobil berteknologi ‘hijau’ seperti hybrid dan listrik murni berkontribusi 20 persen dari total pasar otomotif nasional.

Dengan perkiraan bahwa penjualan mobil di tahun itu mencapai 2 juta unit, kendaraan ramah lingkungan diekspektasikan menyumbang 400 ribu unit di antaranya.

Selain Toyota, ada pula merek-merek lain yang sudah mengungkap calon model hybrid atau bahkan listrik murni mereka di Indonesia. Di antaranya adalah Nissan yang menyiapkan Note e-Power dan Leaf serta Mitsubishi yang menyiapkan Outlander PHEV. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar