Toyota Avanza Gerak Depan Siap untuk Saingi Mitsubishi Xpander

Mobil Baru

Toyota Avanza Gerak Depan Siap untuk Saingi Mitsubishi Xpander

TANGERANG - PT Toyota Astra Motor (TAM) sedang memikirkan untuk menghadirkan Toyota Avanza dengan penggerak roda depan, apakah karena Mitsubishi Xpander begitu mengancam Sang Raja di kelas small MPV ini?.

Kehadiran Mitsubishi Xpander membuat TAM berencana untuk menghadirkan low MPV dengan penggerak roda depan.  

“Kami sedang memikirkan next Avanza ini mau bagaimana, apakah mengikuti aliran Mitsubishi atau DN Multisix (Daihatsu New Multisix) yang diikuti karena kami lagi join development. Kalau join development kan, Toyota sama Daihatsu harus kolaborasi,” kata Soerjopranoto, Executive General Manager.

Menurutnya, jika harus mengembangkan MPV model baru untuk mengisi segmen low MPV, Toyota Indonesia tetap harus memikirkan fungsinya. Karena berdasarkan hasil survey Toyota, segmen low MPV digunakan konsumen untuk mobilitas tak melulu kursi terisi penuh.

“Kesulitan toyota, Toyota engga bisa lepasin dari fungsi MPV-nya. Karena dari survey kami terakhir, kendaraan low MPV itu dalam kesehariannya enggak (selalu) pakai 7-seater, tapi semua barang dibawa terus dalam mobil,” kata Soerjo.

Berdasarkan hasil survey internal Toyota beberapa waktu lalu itu, pihak Toyota pun belum memutuskan rencana ke depan untuk Toyota Avanza. Sementara Daihatsu dengan DN Multisix tengah melakukan studi MPV baru berpenggerak roda depan di GIIAS 2017.

“Jadi kami agak repot juga kalau mau ke arah Xpander dan Mobilio, kami dari model FR menjadi FF. Penggerak roda depan otomatis secara daya angkut akan berat (membenahi kendaraan). Apakah ke depan Toyota mau ubah (Avanza jadi penggerak roda depan) itu juga kita masih study,” jelas Soerjo. 

Yang jadi pertanyaan, kenapa TAM cukup reaktif dalam menyikapi Mitsubishi Xpander?. Padahal setelah lebih dari 13 tahun merajai pasar small MPV di Indonesia, penjualan Toyota Avanza hingga kini masih sangat baik.  

Setelah total terjual sekitar 1.5 juta unit, rata-rata penjualan Toyota Avanza pada tahun 2017 masih memiliki rata-rata penjualan 10 ribu unit. Ini tentunya jauh di atas penjualan rata-rata small MPV gerak roda depan yang menjadi kompetitornya saat ini yakni Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dengan rata-rata penjualan 3 ribuan unit per bulan.

Nantikan kabar selanjutnya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual