Toyota Alphard, MPV Sultan yang Tak Punya Lawan Seimbang

Berita Otomotif

Toyota Alphard, MPV Sultan yang Tak Punya Lawan Seimbang

JAKARTA - Toyota Alphard praktis hanya melenggang sendirian di kelas MPV premium alias MPV sultan. Kendaraan keluarga ini biasa dipakai oleh para pesohor negeri mulai dari artis, politisi hingga eksekutif papan atas.

Toyota Alphard sudah bertahun-tahun menjadi raja MPV premium di Indonesia. Dan boleh dibilang nyaris tak punya kompetitor kuat untuk sekedar mengganggu singasananya.

 Pabrikan lain bukan tidak punya MPV sekelas Toyota Alphard. Namun ada yang kalah bersaing dan ada juga tidak berani menjualnya di Indonesia. Selain keduanya, ada  pabrikan yang punya mobil sejenis namun kastanya dianggap masih setingkat di bawah Toyota Alphard.

Nissan Elgrand sempat disebut sebagai penantang serius Alpard dan Nissan Indonesia sempat menjualnya secara resmi. Namun MPV mewah ini tidak bisa berbuat banyak alias kurang laku, hingga saat ini keberadaannya tergeser dari list produk di website resmi Nissan.co.id.

 

Toyota Alphard, MPV Sultan yang tak punya lawan seimbang

Yang berikutnya Honda Elysion. PT Honda Prospect Motor (HPM) sepertinya tidak pernah secara resmi menjual mobil ini. Entah apa alasannya, untuk kelas MPV papan atas HPM lebih nyaman menjual Honda Odyssey.

Honda Elysion selanjutnya banyak dijual oleh importir umum (IU). Dan populasinya di Indonesia juga tidak banyak, bisa jadi para potensial buyers masih lebih percaya produk yang dijual APM terutama urusan purnajualnya.

Toyota Alphard, MPV Sultan yang tak punya lawan seimbang

Satu penantang kuat lain Toyota Alphard sejatinya datang dari Hyundai H1. Secara umum tampilan serta fitur kelengkapannya tidak kalah menarik, apalagi iming-iming harga yang kurang lebih hanya separuh dari Alphard.

Namun modal ini masih belum cukup. H1 masih kalah bersaing dan disebut kastanya masih di bawah sang MPV sultan.

Toyota Alphard, MPV Sultan yang tak punya lawan seimbang

 

Update Toyota Alphard 2020

Sekitar satu bulan sebelum pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, pada Februari 2020 PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan minor change pada Toyota Alphard dan saudaranya Vellfire. Fokus ubahannya pada sejumlah fitur keselamatan baru Toyota Safety Sense.

Pada kesempatan kali ini TAM terus fokus pada faktor keselamatan dan kenyamanan. Intinya menyajikan para pengguna MPV premium Alphard dan Vellfire kemewahan serta perlindungan keselamatan yang makin optimal.

Toyota Safety Sense menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi. Seperti fitur keselamatan aktif Pre-Collision System (PCS) yang menjadikan New Alphard dan Vellfire dapat memberikan perlindungan lewat sistem radar terintegrasi.

 

Toyota Alphard, MPV Sultan yang tak punya lawan seimbang

Fitur PCS memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan. Secara umum bekerja otomatis mengurangi kecepatan, membuat risiko benturan bisa dihindari atau minimal dikurangi. 

Pada New Alphard dan Vellfire juga dilengkapi Lane Departure Alert (LDA). Fitur ini sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan, secara otomatis akan memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur.

Fitur selanjutnya adalah Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) akan membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain terlalu dekat.

Untuk perjalanan malam hari, pengemudi New Alphard dan Vellfire dapat mengandalkan Automatic High Beam (AHB). Fitur akan mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh, akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) pada new Alphard dan Vellfire yang semula hanya menggunakan enam titik menjadi delapan titik. Posisinya tersebar empat di depan dan empat di belakang. ICS juga akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat sehingga memudahkan pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Tak ketinggalan New Alphard dan New Vellfire kini juga dilengkapi fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Memudahkan pengemudi untuk memantau tekanan ban, jika berada di bawah standar akan keluar peringatan.

Fitur Penunjang Kenyamana Penumpang
New Toyota Alphard dan Vellfire juga mendapatkan improvement pada fitur Audio Head Unit (AHU) plus Rear Seat Entertainment (RSE). Jika sebelumnya AHU menggunakan 8 inci, kini untuk varian 2.5 X, 2.5 G dan 2.5 HEV menggunakan layar monitor 9 inci. Sementara varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inci.

Sedangkan layar RSE yang sebelumnya 10 inchi menjadi 13 inci. Bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13.3 inci.

Sebagai pelengkap kenyamanan serta keamanan MPV premium ini, Inside Rear View Mirror New Alphard dan Vellfire kini dilengkapi Electric Mirror Gen 2. Ini membuat jangkauan monitor lebih luas dan resolusi lebih tinggi dibandingkan sebelummya yang menggunakan teknologi Full Digital Mirror. [Ari/Idr]

Harga Toyota Alphard dan Vellfire:

  • 2.5 X A/T Rp. 1.025.200.000
  • 2.5 G A/T Rp. 1.179.600.000
  • 3.5 Q A/T Rp. 1.952.100.000
  • Vellfire 2.5 G A/T Rp. 1.177.600.000

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar