Tips Merawat Motor Berkelir Doff

Berita Otomotif

Tips Merawat Motor Berkelir Doff

JAKARTA – Merawat sepeda motor berkelir doff memiliki cara yang berbeda dengan jenis cat metalik. Hal ini guna menjaga tampilan motor tetap prima seperti pertama beli.

Perawatan sepeda motor sendiri tidak hanya meliputi mesin dan kelistrikan saja. Namun perawatan bodi motor juga diperlukan agar tampilannya tetap enak dilihat dan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Umumnya dalam melakukan perawatan bodi, mencuci dengan teratur atau berkala merupakan salah satu hal yang mesti dilakukan. Selain itu, melakukan poles bodi juga diperlukan sesekali untuk mengembalikan tampilannya agar tetap cemerlang.

Namun, merawat bodi motor yang sudah diberi cat doff memiliki perbedaan. Cat jenis ini cukup unik, karena membutuhkan perlakuan khusus dari para pemiliknya.

Motor dengan bodi berkelir doff akan lebih cepat memudar dan kusam, terutama jika sering terkena sinar matahari. Cat jenis ini juga ternyata tidak bisa menggunakan sembarangan air dan sabun.

Dikutip dari laman resmi Federal Oil, cat doff memiliki entitas kepudaran dua kali lebih cepat. Berbeda dengan cat metalik yang dikatakan lebih tangguh dari sengatan matahari dan lainnya. 


Tips Merawat Cat Motor

Perawatan Tidak Boleh Sembarangan

Bodi motor yang dicat doff biasanya tidak terlapisi dengan pernis sehingga lebih cepat pudar. Oleh karena itu perawatannya tidak bisa sembarangan, karena bisa merusak tampilan kendaraan.

Selain itu, jika Anda menyambangi tempat poles harus memerhatikan bahan yang digunakan. Karena jika terdapat kesalahan, cat doff bisa terlihat memudar.

  • Poles

Umumnya para teknisi di tempat poles kendaraan sudah mengetahui pekerjaan yang harus dilakukan. Namun tetap diperhatikan penggunaan bahan polesnya.

Obat poles yang digunakan harus memiliki kandungan dasar air atau biasa disebut water base. Jika menggunakan oil base, maka bodi akan terlihap mengilap dan tampilan bodi menjadi aneh.
Tips merawat motor doff

Langkah paling mudah adalah memilih tempat poles yang telah memiliki reputasi. Dengan menunjuk tempat yang tepat, akan mengurangi kekhawatiran Anda.

  • Sabun

Mencuci motor adalah langkah sederhana yang harus dilakukan para pemilik motor.

Nah, dalam mencuci motor dengan cat doff harus memperhatikan kandungan sabun itu sendiri.

Sabun yang memiliki PH netral sangat disarankan agar cat doff lebih awet. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar